Daryati Neni. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi berprestasi
terhadap Hasil Belajar Matematika siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Di Kecamatan Grogol Petamburan Jakarta Barat. Tesis. Program Studi Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof DR. HAMKA. Maret 2015. Kegunaan dari penelitian ini adalah untuk bahan pertimbangan dan sebagai masukan bagi guru matematika Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Grogol petamburan mengenai pentingnya kompetensi profesional guru dan motivasi berprestasi siswa terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi berprestasi Siswa terhadap Hasil Belajar matematika Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMPN) Jakarta Barat. Metode penelitian adalah survei kausal menggunakan angket dengan pendekatan analisis jalur. Populasinya adalah seluruh siswa SMP Negeri Kecamatan Grogol Petamburan Jakarta
Barat sebanyak 1449 responden dan sampel sebanyak 105 responden. Teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik multiple stage sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:. 1) terdapat pengaruh langsung g kompetensi profesinal guru (XI) terhadap hasil belajar Matematika siswa
(X3) dengan persamaan regresi X3= -1 55,820 + 1, 162X1, koefisien korelasi r13= 0,977 dan koefisien jalur X1 terhadap X3 P31= 0,514 pada taraf signifikansi a = 0,05, (2) terdapat pengaruh langsung motivasi berprestasi siswa siswa (X2) terhadap hasil belajar Matematika siswa (X3) dengan persamaan regresi X3= -37,604 + 0,521X2, koefisien korelasi r23 = 0,977 dan koefisien jalur X2 terhadap X3 P32= 0,4 15 pada taraf signifikansi a = 0,05, (3) terdapat pengaruh langsung kompetensi profesional guru (XI) terhadap motivasi berprestasi siswa (X2) dengan persamaan regresi X2= -0,807 + 0,822X1, koefisien korelasi r12= 0,974 dan koefisien jalur X1 terhadap X2 p21 = 0,974 pada taraf signifikansi a= 0,05
|