Abstrak  Kembali
Samhudi, Hubungan antara Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga dengan Kepuasan Konsumen Pada Perum “X” Kantor Pusat Jakarta“. Tesis. Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2015. Tesis ini bertujuan mengungkapkan tentang kepuasan konsumen pada Perum X Kantor Pusat Jakarta, yang disebabkan oleh peran kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga. Bahasan ini dibuat berdasarkan perolehan data empirik dalam penelitian hubungan antara Perum X Kantor Pusat Jakarta dengan konsumennya yang menggambarkan produk dan jasa perusahaan yang dimaksud, dari sejumlah 231 perusahaan/badan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif, yaitu pengumpulan data secara ilmiah melalui survey/observasi dan penyebaran kuesioner. Ramalan hubungan dianalisis dengan menggunakan regresi tunggal sederhana dan regresi ganda. Pada taraf signifikansi α = 0,05, hasilnya disimpulkan bahwa: 1) terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen, memperoleh koefisien korelasi r1 = 0,745 dan koefisien determinasi R2 = 0,555 atau 55,50%. 2) terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kualitas produk dengan kepuasan konsumen, memperoleh koefisien korelasi r2 = 0,734 dan koefisien determinasi R2 = 0,538 atau 53,80%. 3) terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara harga dengan kepuasan konsumen, memperoleh koefisien korelasi r3 = 0,764 dan koefisien determinasi R2 = 0,584 atau 58,40%. 4) terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga secara bersama-sama dengan kepuasan konsumen, memperoleh koefisien korelasi ganda (R) = 0,866 dan koefisien determinasi R2 = 0,750 atau 75,00%. Hasil uji hipotesis didapat simpulan bahwa hipotesis nol (H0), yang menyatakan tidak terdapat hubungan positif Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga dengan Kepuasan Konsumen Pada Perum “X” Kantor Pusat Jakarta ditolak, sedangkan hipotesis alternatif (H1), yang menyatakan terdapat hubungan positif Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga dengan Kepuasan Konsumen Pada Perum “X” Kantor Pusat Jakarta diterima. Artinya bahwa hubungan tiga variabel bebas yaitu Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga memiliki hubungan positif terhadap Kepuasan Konsumen sebagai variabel terikat. Hasil penelitian perlu dimplementasikan melalui usaha-usaha peningkatan kepuasan konsumen di antaranya adalah, memberikan keamanan, kenyamanan kepada konsumen melalui layanan prima, produk yang berkualitas dan harga yang sesuai dengan kualitas yang ada. Berdasarkan kajian tersebut diharapkan dapat menambah, memberi manfaat kepada para pihak terkait yang berkaitan dengan masalah yang dimaksud. Namun lebih daripada itu dapat berkontribusi dalam pengembangan khasanah ilmu pengetahuan.