Odah Saodah. Pelaksanaan Penilaian Otentik pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP Labschool Kebayoran Jakarta. Tesis. Program Studi Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Juni 2015.
Tesis ini bertujuan sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan penilaian otentik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP Labschool Kebayoran Jakarta. (2) Mengidentifikasi faktor pendukung pelaksanaan penilaian otentik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP Labschool Kebayoran Jakarta. (3) Mengetahui faktor kendala pelaksanaan penilaian otentik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP Labschool Kebayoran Jakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tahapan: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dan sumber.
Hasil temuan penelitian adalah sebagai berikut: (1) Pelaksanaan penilaian otentik pada mata pelajaran IPA di SMP Labchool Kebayoran Jakarta telah sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 yang meliputi: ruang lingkup penilaian, teknik dan instrumen penilaian serta pelaporan hasil penilaian. (2) Faktor pendukung pelaksanaan penilaian otentik adalah karena pembelajaran dilakukan secara otentik yaitu dengan menggunakan pendekatan saintifik dan guru sebagai penilai juga merupakan guru profesional. (3) Faktor kendala pelaksanaan penilaian otentik adalah dalam menejemen waktu karena kegiatan penilaian otentik ini membutuhkan waktu yang banyak dalam menbuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan hasil penilaian baik secara teknis maupun administrasi.
Pelaksanaan penilaian otentik merupakan kegiatan penilaian yang dilakukan secara terintegrasi dalam proses pembelajaran dengan menggunakan berbagai teknik dan instrumen dalam rangka menjaring data tentang proses dan hasil belajar siswa. Guru secara profesional melakukan kegiatan pembelajaran dan penilaian otentik demi terwujudnya visi dan misi SMP Labschool serta tercapainya tujuan pendidikan seperti yang tercantum dalam kurikulum.
|