Abstrak  Kembali
Neily El ‘Izzah. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa : Studi Kuantitatif pada Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) Sekolah Pascasarjana Universitas Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA). Tesis. Juli 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar matematika siswa antara yang mendapat perlakuan strategi Mind Mapping dan hasil belajar matematika siswa yang mendapat perlakuan strategi ekspositori, (2) perbedaan hasil belajar matematika siswa antara yang memiliki gaya belajar independen dan hasil belajar matematika siswa yang memiiki gaya belajar dependen, (3) pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, (4) perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mendapat perlakuan strategi Mind Mapping dan siswa yang mendapat perlakuan strategi ekspositori untuk siswa yang memiliki gaya belajar independen, (5) perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mendapat perlakuan strategi Mind Mapping dan siswa yang mendapat perlakuan strategi ekspositori untuk siswa yang memiliki gaya belajar dependen, (6) perbedaan hasil belajar matematika siswa yang memiliki gaya belajar independen dan siswa yang memiiki gaya belajar dependen untuk siswa yang mendapat perlakuan strategi Mind Mapping, (7) perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang memiliki gaya belajar independen dan siswa yang memiiki gaya belajar dependen untuk siswa yang mendapat perlakuan strategi ekspositori. Penelitian ini dilakukan di MTs Nurul Huda semester genap tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Faktorial Disain. Sampel penelitian ini adalah 88 siswa yang di peroleh dengan teknik cluster random sampling pada siswa kelas VII. Pengumpulan data dilakukan setelah diberikan perlakuan terhadap 44 siswa yang di beri perlakuan berupa strategi Mind Mapping sebagai kelas eksperimen dan 44 siswa yang di beri perlakuan berupa strategi ekspositori sebagai kelas kontrol. Data di peroleh dari tes hasil belajar siswa yang berupa soal uraian dan di susun berdasarkan taksonomi SOLO menggunakan soal berbentuk superitem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar matematika siswa yang mendapat perlakuan strategi Mind Mapping lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika siswa yang mendapat perlakuan strategi ekspositori, (2) hasil belajar matematika siswa dengan gaya belajar independen lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa dengan gaya belajar dependen, (3) terdapat pengaruh interaksi yang sangat signifikan antara strategi belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, karena terdapat interkasi maka dilanjutkan dengan uji post hoc test dan hasil uji tersebut menunujukkan bahwa: (4) hasil belajar matematika siswa yang mendapat perlakuan strategi Mind Mapping lebih tinggi daripada siswa yang mendapat perlakuan strategi ekspositori untuk siswa yang memiliki gaya belajar independen, (5) hasil belajar matematika siswa yang mendapat perlakuan strategi Mind Mapping tidak berbeda dengan hasil belajar matematika siswa yang mendapat perlakuan strategi ekspositori untuk siswa yang memiliki gaya belajar dependen, (6) hasil belajar matematika siswa yang memiliki gaya belajar independen lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika siswa yang memiiki gaya belajar dependen untuk siswa yang mendapat perlakuan strategi Mind Mapping, dan (7) hasil belajar matematika siswa yang memiliki gaya belajar independen tidak berbeda dengan hasil belajar matematika siswa yang memiliki gaya belajar dependen untuk siswa yang mendapat perlakuan strategi ekspositori.