Abstrak  Kembali
Firdaningsih. Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kecamatan Tebet Jakarta Selatan. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Jakarta, 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar sejarah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Total sampel adalah 108 siswa, yang dipilih secara acak proporsional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan efikasi diri terhadap hasil belajar sejarah siswa; yang ditunjukkan oleh koefisien jalur 0,313 dan thitung (5,909) > ttabel pada  = 0,01 (2,623); (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar sejarah siswa; yang ditunjukkan oleh koefisien jalur 0,61 dan thitung (2,766) > ttabel pada  = 0,01 (2,623); dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan efikasi diri terhadap motivasi berprestasi siswa; yang ditunjukkan oleh koefisien jalur 0,559 dan thitung (6,942) > ttabel pada  = 0,01 (2,623). Kesimpulan penelitian adalah hasil belajar sejarah siswa dapat ditingkatkan melalui efikasi diri dan motivasi berprestasi. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa, efikasi diri dan motivasi berprestasi perlu diperbaiki.