Abstrak  Kembali
ZAINAL ARIFIN. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Sikap Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Azhar 12 Rawamangun Jakarta. Tesis. Jakarta: Progran Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menguji pengaruh strategi pembelajaran dan sikap belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Azhar 12 Rawamangun Jakarta Timur, dengan metode penelitian Eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Responden penelitian ini adalah siswa kelas VIII berjumlah 36 orang siswa, dipilih berdasarkan tehnik multiple stage random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu tes hasil belajar sedangkan untuk sikap belajar digunakan skala Likers. Instrumen hasil belajar pendidikan agama Islam divalidasi dengan menggunakan rumus Point Biserial dan reliabilitas dengan rumus KR-20. Instrumen sikap belajar divalidasi dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment dan reliabitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba untuk variabel sikap belajar sebesar r11 = 0,9404; dan untuk variabel hasil belajar pendidikan agama Islam sebesar r11 = 0,9875. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar pendidikan agama Islam antara kelompok siswa yang menggunakan strategi pembelajaran diskusi dan ceramah, di mana Fhitung (Ak)= 38,11; pada taraf signifikansi 0,05; (2) terdapat interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dan sikap belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di mana Fhitung (I)= 10,27; pada taraf signifikansi 0,05; (3) terdapat perbedaan hasil belajar pendidikan agama Islam antara kelompok siswa yang menggunakan strategi pembelajaran diskusi dan ceramah, untuk siswa yang memiliki sikap belajar positif. Kelompok siswa yang menggunakan strategi pembelajaran diskusi memperoleh hasil belajar pendidikan agama Islam dengan rata-rata 36,11. Adapun kelompok siswa yang menggunakan strategi pembelajaran ceramah memperoleh hasil belajar dengan rata-rata 31,89; dan (4) terdapat perbedaan hasil belajar pendidikan agama Islam antara kelompok siswa yang menggunakan strategi pembelajaran diskusi dan ceramah, untuk siswa yang memiliki sikap belajar negatif. Kelompok siswa yang menggunakan strategi pembelajaran diskusi memperoleh hasil belajar pendidikan agama Islam dengan rata-rata 35,22. Adapun kelompok siswa yang menggunakan strategi pembelajaran ceramah memperoleh hasil belajar dengan rata-rata 21,89. Hasil penelitian ini berguna bagi perbaikan mutu pendidikan dengan mempertimbangkan kesimpulan penelitian ini. Bahwa hasil belajar pendidikan agama Islam dipengaruhi oleh strategi pembelajaran dan sikap belajar.