Muktia Wahyudi Isra, Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Raudhatul Muttaqin Pondokgede. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Jakarta 2012.
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh gambaran tentang peran Komite Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDIT Raudhatul Muttaqin Pondokgede.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara kepada unit analisis, yaitu; Kepala Sekolah, Ketua Komite Sekolah, Sekretaris Komite Sekolah, Bendahara Komite Sekolah, dan Guru. Observasi dilakukan untuk mengamati secara langsung informasi yang didapatkan dari hasil wawancara.
Penelitian ini memberikan gambaran tentang peran Komite Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDIT Raudhatul Muttaqin Pondokgede dengan tolak ukur peran Komite Sekolah; 1)sebagai badan pertimbangan; 2)sebagai badan pendukung; 3)sebagai badan pengontrol; dan 4)sebagai badan penghubung.
Dari hasil pengumpulan data penelitian ini dapat disimpulkan sbb.: (1) peran Komite Sekolah sebagai badan pertimbangan dalam meningkatkan mutu pendidikan berperan melaksanakan program, memberikan masukan terhadap efisiensi pengelolaan Sekolah serta ikut memberikan koreksi dan evaluasi terhadap jalannya KBM di sekolah.(2)peran Komite Sekolah sebagai badan pendukung mendukung pengelolaan sumber daya manusia,pengelolaan sarana prasarana serta mendorong tumbuhnya perhatian masyarakat dengan meyakinkan orang tua murid tentang program yang dibuat sekolah.(3)peran Komite Sekolah sebagai badan pengawas mengontrol pelaksanaan KBM menjalin hubungan kerjasama yang harmonis dan komite sekolah merupakan mitra kerja bagi kepala sekolah dalam upaya meningkatkan mutu sekolah.(4)peran Komite Sekolah sebagai badan penghubung menampung dan menganalisa aspirasi yang di ajukan masyarakat kepada sekolah serta menjembatani segala kepentingan sekolah kepada pemerintah melalui forum komite kecamatan dan dewan pendidikan kota.
|