Mas’ud, Pengaruh Etos Kerja Kepala Sekolah dan Kecerdasan Emosional Terhadap
Mutu Layanan Administrasi Guru Madrasah Aliyah Negeri Di Jakarta Timur. Tesis.
Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana
Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. Desember 2013.
Penelitian yang dilakukan bertujuan melakukan kajian Etos Kerja Kepala Sekolah
dan Kecerdasan Emosional terhadap Mutu layanan administrasi guru Madrasah Aliyah
Negeri Di Jakarta Timur. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian lapangan
melalui survei, menggunakan kuisioner dan pendekatannya dengan analisis jalur.
Populasi dalam penelitian ini adalah guru Madrasah Aliyah Negeri Di Jakarta Timur
yang berjumlah 226 orang guru. Menggunakan rumus Slovin didapat 70 orang guru
sebagai sampel penelitian, 30 orang guru sebagai sample uji coba diambil di luar sampel penelitian sesungguhnya.
Penelitian ini memiliki 3 hipotesis, yaitu terdapat pengaruh langsung: 1) Etos
Kerja Kepala Sekolah terhadap Mutu layanan administrasi guru 2) Kecerdasan
Emosional terhadap Mutu layanan administrasi guru, dan 3) Etos Kerja Kepala Sekolah
terhadap Kecerdasan Emosional.
Uji coba intrumen untuk mendapatkan validitas butir pernyataan dan dan
reliabilitas instrumen dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment dan Alpha
Cronbach. Instrumen Mutu layanan administrasi guru memiliki reliabilitas rii= 0,935,
Etos Kerja Kepala Sekolah memiliki reliabilitas rii= 0,963, dan Kecerdasan Emosional
memiliki reliabilitas rii = 0,969.
|