Dede Hidayat, Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan
Motivasi Kerja terhadap Disiplin Guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kota
Singkawang.Tesis. Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Sekolah
Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Januari 2014.
Tesis ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh kepemimpinan
transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap disiplin guru Madrasah
Tsanawiyah (MTs) di Kota Singkawang.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif
yaitu dengan mendapatkan data melalui penyebaran kuisioner yang dibagikan kepada
sampel dalam penelitian ini, yaitu guru-guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kota
Singkawang.
Penelitian ini mengungkapkan hasil bahwa kepemimpinan transformasional
kepala sekolah berpengaruh langsung positif sebesar 21,0 % terhadap disiplin guru
Madrasah Tsanawiyah di Kota Singkawang. Kepala sekolah hendaknya
memaksimalkan perannya sebagai leader untuk meningkatkan disiplin para guru dalam
bekerja. Dia juga sebaiknya mengetahui kepribadian masing-masing guru,
mendelegasikan sebagian tugas kepada guru yang dirasa mampu memikulnya dan
melibatkan para guru dalam pengambilan keputusan sekolah.
Penelitian ini juga menghasilkan temuan bahwa motivasi kerja berpengaruh
langsung positif sebesar 23,7 % terhadap disiplin guru Madrasah Tsanawiyah di Kota
Singkawang. Oleh karena itu hendaknya para guru mampu memotivasi dirinya sendiri
agar memilki tingkat disiplin yang tinggi.Pihak sekolah juga diharapkan aktif
memberikan pelatihan tentang disiplin dan motivasi terhadap para guru.
Selain itu, penelitian ini juga menghasilkan temuan bahwa kepemimpinan
transformasional kepala sekolah berpengaruh langsung positif sebesar 42,3 % terhadap motivasi kerja guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kota Singkawang. Kepala sekolah sebagai leader dan juga memiliki fungsi sebagai motivator bagi warga sekolah
hendaknya secara aktif dapat meningkatkan motivasi para bawahannya.
|