ERNINGSIH . Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Profesionalitas Guru terhadap Disiplin Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri Se Kecamatan Palmerah Jakarta Barat. Tesis. Sekolah Pascasarjana Univesitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.2014. Perumusan hipotesis ini adalah : 1) Terdapat pengaruh Supervisi kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri Se Kecamatan Palmerah Jakarta Barat, 2) Terdapat pengaruh Profesionalitas Guru terhadap disiplin kerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri Se Kecamatan Palmerah Jakarta Barat, 3) Terdapat pengaruh Supervisi kepala sekolah terhadap Profesionalitas Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri Se Kecamatan Palmerah Jakarta Barat. Kesimpulan: 1) Terdapat pengaruh langsung dan signifikan supervisi kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru, berdasarkan hasil uji signifikansi dan linearitas persamaan regresi dalam persamaan = 38,07 + 0,70 X₁ yang berarti bahwa setiap kenaikan 1 skor disiplin kerja guru dipengaruhi oleh kenaikan skor 0,70 kali skor Supervisi kepala sekolah pada titik konstanta 38,07. Tingkat kekuatan pengaruh Supervisi kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru dapat ditunjukkan koefisien korelasi 0,82. koefisien korelasi ( p31) = > 0,05, berarti signifikan hal ini berarti hipotesis 1 terbukti. 2) Terdapat pengaruh langsung Profesionalitas Guru terhadap disiplin kerja guru. Berdasarkan hasil uji signifikansi dan linearitas persamaan regresi dalam persamaan = 35,12 - 0,75 X₂ , yang berarti setiap kenaikan 1 skor disiplin kerja guru diperoleh oleh kenaikan skor 0,75 kali skor Profesionalitas Guru pada titik konstanta 35,12. Tingkat kekuatan pengaruh Profesionaliras Guru terhadap disiplin kerja guru dapat ditunjukkan dari koefisien korelasi 0,83 dan analisis jalur Profesionalitas Guru terhadap disiplin kerja guru memperoleh p32 = 0,67 > 0,05, berarti, hal ini berarti hipotesis 2 terbukti. 3) Terdapat pengaruh langsung Supervisi kepala sekolah terhadap Profesionalitas Guru. Berdasarkan hasil uji signifikansi dan linearitas persamaan regresi dalam persamaan , ternyata signifikan dan linear, yang berarti bahwa setiap kenaikan 1 skor Profesionalitas Guru dipengaruhi oleh kenaikan skor 0,91 kali skor Supervisi kepala sekolah pada titik konstanta 7,33. Tingkat kekuatan pengaruh Supervisi kepala sekolah terhadap Profesionalitas Guru dapat ditunjukkan dari koefisien korelasi 0,97 dan koefisien analisis jalur Supervisi Kepala Sekolah terhadap Profesionalitas Guru memperoleh p21 = 0,97 > 0,05, berarti signifikan, hal ini berarti hipotesis 3 terbukti.
|