Ifra Artini Nengsih, Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Iklim organisasi
terhadap Mutu pelayanan Guru Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Binaan II
Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Tesis. Jakarta: Sekolah Pascasarjana
Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. 2014.
Tujuan penelitian untuk mempelajari pengaruh supervisi kepala sekolah dan
Iklim organisasi terhadap mutu pelayanan guru Sekolah Dasar Negeri di Wilayah
Binaan II Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Penelitian dilakukan dengan
metode penelitian lapangan melalui survei, menggunakan kuisioner dan
pendekatannya dengan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah guru
Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Binaan II Kecamatan Duren Sawit Jakarta
Timur dengan menggunakan teknik simpel random sampling.
Pada penelitian terdapat 3 hipotesis, yaitu terdapat pengaruh positif dan
langsung: 1) supervisi kepala sekolah terhadap Mutu pelayanan guru 2) Iklim
organisasi terhadap Mutu pelayanan guru, dan 3) supervisi kepala sekolah
terhadap Iklim organisasi. Uji coba intrumen untuk mendapatkan validitas butir
pernyataan dan reliabilitas instrumen dengan menggunakan rumus Pearson
Product Moment dan Alpha Cronbach. Instrumen mutu pelayanan guru memiliki
reliabilitas rii= 0,960, supervisi kepala sekolah memiliki reliabilitas rii= 0,948, dan
iklim organisasi memiliki reliabilitas rii = 0,943.
Ramalan hubungan dianalisis dengan menggunakan regresi tunggal
sederhana. Besarnya pengaruh diukur dengan path analysis Hasilnya disimpulkan
bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan langsung yang sangat signifikan supervisi
kepala sekolah (X1) terhadap mutu pelayanan guru (X3) memperoleh persamaan
regresi
3
Xˆ
= 63,052 + 0,522X1, koefisien korelasi r13= 0,625 dan koefisien
pengaruh X1 terhadap X3 p31 = 0,37 pada taraf signifikansi α = 0,05, (2) terdapat
pengaruh positif dan langsung yang sangat signifikan iklim organisasi (X2)
terhadap mutu pelayanan guru (X3) memperoleh persamaan regresi
3
Xˆ
= 34,078 +
0,706X2 koefisien korelasi r23 = 0,654, dengan koefisien pengaruh X2 terhadap X3 p32= 0,42, pada taraf signifikansi α = 0,05 (3) terdapat pengaruh positif dan
langsung yang signifikan supervisi kepala sekolah (X1) terhadap iklim organisasi
memperoleh persamaan regresi
2
Xˆ
= 71,670 + 0,479X1, koefisien korelasi r12 =
0,620 dengan koefisien pengaruh supervisi kepala sekolah (X1) terhadap iklim
organisasi p21 = 0,62 pada taraf signifikansi α = 0,05.
Hasil penilitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi dunia organisasi
pendidikan. Khususnya untuk Mutu pelayanan guru Sekolah Dasar Negeri di
Wilayah Binaan II Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Beberapa saran yang
dapat diberikan di antaranya adalah; (1) perlu dilakukan peningkatan mutu
pelayanan guru melalui efektivitas supervisi kepala, (2) perlu pembinaan secara
rutin terhadap iklim organisasi, (3) perlu peningkatan mutu pelayanan guru
melalui pelatihan, pendidikan, dan (4) perlu dilanjutkan penelitian tentang studi
mutu pelayanan guru melalui penelitian lain, baik secara kuantitatif maupun
kualitatif dari variabel lain agar mutu pelayanan guru dapat dilihat secara lebih
komprehensif.
|