Abstrak  Kembali
Hasriana. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cilincing Jakarta Utara” Tesis : Sekolah Pascasarjana Program Studi Administrasi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jakarta 2014. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui, mengkaji dan menganalisis adanya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi sekolah terhadap disiplin kerja guru. Hipotesis yang diuji adalah : (1) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru, (2) Pengaruh budaya organisasi sekolah terhadap disiplin kerja guru, (3) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap budaya organisasi sekolah. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survey. Populasi target sebanyak 110 orang. Selanjutnya populasi tersebut dihomogenkan terlebih dahulu sehingga sampel yang diambil adalah guru sebanyak 80 orang. Dalam menentukan sampel penulis menggunakan teknik acak sederhana (simple random sampling). Untuk ujicoba instrumen sampel yang digunakan sebanyak 30 orang guru, yang diambil diluar sampel penelitian. Uji coba dilakukan untuk mengukur validitas instrumen yang dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment dan mengukur reliabilitas instrumen yang dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk uji validitas kriteria pengujian adalah rhitung > rkritis pada α = 0,05 = 0,36, maka instrumen dikatakan valid. Sesuai perhitungan hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa rhitung yang diperoleh lebih besar dari rkritis sehingga instrumen dikatakan valid, kecuali pada item pertanyaan/pernyataan nomor 11, 13, 19, 22, 38 pada variabel X1, item nomor 13, 23, 27 untuk variabel X2, dan item nomor 13, 18, 26, 32, 35 untuk variabel X3, sehingga item-item tersebut tidak dapat digunakan dalam penelitian selanjutnya. Sedangkan uji reliabilitas kriteria yang digunakan adalah nilai Alpha Cronbach yang diperoleh pada rhitung > rtabel maka instrumen dikatakan reliabel. Sesuai hasil uji reliabilitas dapat diketahui bahwa nilai Apha Cronbach yang diperoleh untuk variabel Kepemimpinan Kepala Sekolah rhitung = 0,89; untuk variabel Budaya Organisasi Sekolah rhitung = 0,85, dan untuk variabel Disiplin Kerja Guru rhitung = 0,88. Berdasarkan hasil pengujian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa item-item pada semua variabel dinyatakan reliabel. Untuk hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, Terdapat pengaruh langsung Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) terhadap Disiplin Kerja Guru (X3) dengan persamaan regresi X3 = 80,90 + 0,57X1. Dengan koefisien korelasi r13= 0,339 serta koefisien jalur p31 = 0,23. Kedua, Terdapat pengaruh langsung positif Budaya Organisasi Sekolah (X2) terhadap Disiplin Kerja Guru (X3) dengan persamaan regresi X3 = 87,77 + 0,49X2. Dengan koefisien korelasi r23 = 0,387 serta koefisien jalur p32 = 0,18. Ketiga, Terdapat pengaruh langsung positif Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) terhadap Budaya Organisasi Sekolah (X2) dengan persamaan regresi X1 = 78,84 + 0,45X2. Dengan koefisien korelasi r12 = 0,350 serta koefisien jalur p21 = 0,35. Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa antara kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi sekolah secara sendiri maupun bersama-sama dapat memberi sumbangan yang sangat berarti dalam upaya meningkatkan kedisiplinan kerja guru, sehingga diharapkan agar hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam membangun sekolah sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.