Hasriana. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Sekolah
terhadap Disiplin Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cilincing Jakarta Utara”
Tesis : Sekolah Pascasarjana Program Studi Administrasi Pendidikan Universitas
Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jakarta 2014.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui, mengkaji dan menganalisis adanya
pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi sekolah terhadap disiplin
kerja guru.
Hipotesis yang diuji adalah : (1) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap
disiplin kerja guru, (2) Pengaruh budaya organisasi sekolah terhadap disiplin kerja guru, (3)
Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap budaya organisasi sekolah.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survey. Populasi target
sebanyak 110 orang. Selanjutnya populasi tersebut dihomogenkan terlebih dahulu sehingga
sampel yang diambil adalah guru sebanyak 80 orang. Dalam menentukan sampel penulis
menggunakan teknik acak sederhana (simple random sampling). Untuk ujicoba instrumen
sampel yang digunakan sebanyak 30 orang guru, yang diambil diluar sampel penelitian. Uji
coba dilakukan untuk mengukur validitas instrumen yang dihitung dengan menggunakan
rumus Product Moment dan mengukur reliabilitas instrumen yang dihitung dengan
menggunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk uji validitas kriteria pengujian adalah rhitung >
rkritis pada α = 0,05 = 0,36, maka instrumen dikatakan valid. Sesuai perhitungan hasil uji
coba instrumen menunjukkan bahwa rhitung yang diperoleh lebih besar dari rkritis sehingga
instrumen dikatakan valid, kecuali pada item pertanyaan/pernyataan nomor 11, 13, 19, 22, 38
pada variabel X1, item nomor 13, 23, 27 untuk variabel X2, dan item nomor 13, 18, 26, 32, 35
untuk variabel X3, sehingga item-item tersebut tidak dapat digunakan dalam penelitian
selanjutnya.
Sedangkan uji reliabilitas kriteria yang digunakan adalah nilai Alpha Cronbach yang
diperoleh pada rhitung > rtabel maka instrumen dikatakan reliabel. Sesuai hasil uji reliabilitas
dapat diketahui bahwa nilai Apha Cronbach yang diperoleh untuk variabel Kepemimpinan
Kepala Sekolah rhitung = 0,89; untuk variabel Budaya Organisasi Sekolah rhitung = 0,85,
dan untuk variabel Disiplin Kerja Guru rhitung = 0,88. Berdasarkan hasil pengujian tersebut
maka dapat disimpulkan bahwa item-item pada semua variabel dinyatakan reliabel.
Untuk hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, Terdapat pengaruh
langsung Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) terhadap Disiplin Kerja Guru (X3) dengan
persamaan regresi X3 = 80,90 + 0,57X1. Dengan koefisien korelasi r13= 0,339 serta koefisien
jalur p31 = 0,23. Kedua, Terdapat pengaruh langsung positif Budaya Organisasi Sekolah (X2)
terhadap Disiplin Kerja Guru (X3) dengan persamaan regresi X3 = 87,77 + 0,49X2. Dengan
koefisien korelasi r23 = 0,387 serta koefisien jalur p32 = 0,18. Ketiga, Terdapat pengaruh
langsung positif Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) terhadap Budaya Organisasi Sekolah
(X2) dengan persamaan regresi X1 = 78,84 + 0,45X2. Dengan koefisien korelasi r12 = 0,350
serta koefisien jalur p21 = 0,35.
Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa antara kepemimpinan kepala sekolah dan
budaya organisasi sekolah secara sendiri maupun bersama-sama dapat memberi sumbangan
yang sangat berarti dalam upaya meningkatkan kedisiplinan kerja guru, sehingga diharapkan
agar hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam membangun sekolah sesuai dengan
tujuan pendidikan nasional.
|