Sahlan.”Hubungan antara Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Etos
Kerja Guru dengan Mutu Layanan Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Wilayah
Binaan II Kecamatan Cilincing Jakarta Utara”. Tesis. Sekolah Pascasarjana
Universitas Muhammadiyah Prof. DR.HAMKA, Jakarta. 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh informasi
mengenai: (1) Hubungan antara kemampuan manajerial kepala sekolah dengan
mutu layanan pendidikan, (2) Hubungan antara etos kerja guru dengan mutu
layanan pendidikan, dan (3) Hubungan antara kemampuan manajerial kepala
sekolah dan etos kerja guru secara bersama-sama dengan mutu layanan
pendidikan.
Penelitian ini dilakukan di 9 Sekolah Dasar Negeri Wilayah Binaan II
Kecamatan Cilincing Jakarta Utara selama kurang lebih tujuh bulan. Metode
penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode survey. Jumlah populasi
dalam penelitian ini adalah para guru dari 9 Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan
Cilincing Jakarta Utara, yang berjumlah 130 orang, sedangkan sampel yang
diambil berjumlah 98 orang reponden dengan nilai kritis 5% dan dengan
menggunakan teknik proporsional random sampling.
Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data mutu layanan
pendidikan (Y), kemampuan manajerial kepala sekolah (X1) dan etos kerja guru
(X2) adalah angket model skala Lima (Likert). Validitas ketiga instrumen tersebut
diuji menggunakan formula Product Moment, sedangkan Reliabilitas instrumen
dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba untuk variabel mutu
layanan pendidikan adalah sebesar r11 = 0.910; hasil uji coba untuk variabel
kemampuan manajerial kepala sekolah adalah sebesar r11 = 0.926 dan hasil uji
coba untuk variabel etos kerja guru adalah sebesar r11 = 0.949.
Analisis data penelitian dilakukan dengan perhitungan regresi linear
sederhana, korelasi, determinasi dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan:
Pertama, Terdapat hubungan positif antara kemampuan manajerial kepala
sekolah dengan etos kerja guru di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Binaan II
Kecamatan Cilincing Jakarta Utara dengan persamaan regresi : Ŷ = 54.26 + 0.58X1. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan F hitung = 48.64 > dari F tabel =
3.94 pada taraf signifikan 5%., dengan koefisien korelasi (ry1) = 0.581 dan
koefisien determinasi = 33.76%, artinya variabel mutu layanan pendidikan bisa
dijelaskan oleh variabel kemampuan manajerial kepala sekolah, sedangkan
sisanya 66.24% dijelaskan oleh faktor lain. Korelasi parsial antara kemampuan
manajerial kepala sekolah dan mutu layanan pendidikan jika dikontrol oleh etos
kerja guru (ry1.2) sebesar = 0.395.
Kedua, Terdapat hubungan positif antara etos kerja guru dengan mutu
layanan pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Binaan II Kecamatan
Cilincing Jakarta Utara. dengan persamaan regresi : Ŷ = 65.66 + 0.47X2. Hal
tersebut dapat ditunjukkan dengan F hitung = 39.42 > dari F tabel = 3.94 pada
taraf signifikan 5%., dengan koefisien korelasi (ry2) = 0.526 dan koefisien
determinasi = 27.67%, Artinya 27.67% variabel mutu layanan pendidikan bisa
dijelaskan oleh variabel etos kerja guru, sedangkan sisanya 72.33% dijelaskan
oleh faktor lain. Korelasi parsial antara etos kerja guru dengan mutu layanan
pendidikan jika dikontrol oleh kemampuan manajerial kepala sekolah (ry2.1)
sebesar = 0.280.
Ketiga, Terdapat hubungan positif antara kemampuan manajerial kepala
sekolah dan etos kerja guru secara bersama-sama dengan mutu layanan
pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Binaan II Kecamatan Cilincing
Jakarta Utara dengan persamaan regresi : Ŷ = 43.63 + 0.42X1 + 0.25X2. Hal
tersebut dapat ditunjukkan dengan F hitung = 30.57 > dari F tabel = 3.09 pada
taraf signifikan 5%., dengan koefisien korelasi (Ry12) = 0.625 dan koefisien
determinasi (R2y.12) = 39.16%, Artinya 39.16% variabel mutu layanan pendidikan
bisa dijelaskan oleh variabel kemampuan manajerial kepala sekolah dan etos kerja
guru. Sisanya 60.84% dijelaskan oleh faktor lain.
|