Abstrak  Kembali
Siti Wahyuni , 1208036059. Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi dengan Disiplin Kerja Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Tesis : Program Pascasarjana Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jakarta 2014. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan menguji adanya hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi dengan disiplin kerja guru di SMPN Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Lima SMPN dipilih secara random dari 16 Sekolah Menengah Pertama Negeri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah guru – guru SMPN di Kecamatan Duren Sawit , Jakarta Timur. Sampel penelitian ditentukan secara acak sederhana. Instrumen penelitian untuk ketiga variabel didasarkan pada internal validity, dengan pengujian melalui konsultasi ahli, dan validitas eksternal untuk pengujian taraf ketepatan dengan menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment. Pengujian kestabilan instrument didasarkan pada internal konsistensi teknik Alfa Cronbach. Hasil uji coba menunjukkan reliabilitas masing – masing kuesioner sebagai berikut : gaya kepemimpinan kepala sekolah = 0.92, iklim organisasi sekolah = 0.96, dan disiplin kerja guru = 0.96. Analisis data menggunakan rumus korelasi dan regresi. Hasil penelitian menyimpulkan hal – hal sebagai berikut : Pertama, terdapat hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1) dengan disiplin kerja guru (Y), dengan persamaan regresi Ŷ = 17,239 + 0,875 X1, dan koefisien korelasi ry1 = 0,791 signifikan pada α = 0,05. Kedua, terdapat hubungan antara iklim organisasi (X2) dengan disiplin kerja guru (Y), dengan persamaan regresi Ŷ = 22,586 + 0,819 X2, dan koefisien korelasi ry2 = 0,768 signifikan pada α = 0,05. Ketiga, terdapat hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan iklim organisasi (X2) secara bersama – sama dengan disiplin kerja guru (Y), dengan persamaan regresi , Ŷ = 13,270 + 0,552 X1, + 0,367 X2, dan koefisien korelasi ry12 = 0,811 signifikan pada α = 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi baik secara sendiri – sendiri maupun secara bersama – sama dapat memberi sumbangan yang berarti dalam upaya meningkatkan disiplin kerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Duren sawit Jakarta Timur. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan dalam membangun sekolah yang kuat dan mandiri demi tercapainya tujuan sekolah secara efektif dan efesien.