ELVIYANA. Pengaruh Iklim Sekolah dan Profesionalitas Guru Terhadap Kepuasan
Kerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Rumpun Pariwisata Di Propinsi
DKI Jakarta. Tesis. Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Sekolah
Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Januari 2014.
Tesis ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai pengaruh langsung :
(1) iklim sekolah terhadap kepuasan kerja guru, (2) profesionalitas guru terhadap
kepuasan kerja guru, (3) iklim sekolah terhadap profesionalitas guru.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif desain
hubungan kausal dengan menggunakan analisis jalur untuk mengetahui pengaruh
variabel eksogen terhadap variable endogen.
Populasi target dalam penelitian adalah seluruh guru PNS Sekolah Menengah
Kejuruan Negeri Rumpun Pariwisata di Propinsi DKI Jakarta, populasi terjangkau
adalah guru PNS di 5 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Propinsi DKI
Jakarta berjumlah 130 guru meliputi guru SMKN 24 Jakarta Timur, guru SMKN 27
Jakarta Pusat, guru SMKN 32 Jakarta Selatan, guru SMKN 33 Jakarta Utara dan guru
SMKN 38 Jakarta Pusat. Sedangkan jumlah sampel penelitian sebanyak 98 guru PNS
dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel uji coba dilakukan
terhadap 30 orang guru di luar sampel penelitian.
Penelitian ini menggunakan instrument berupa kuesioner dengan 5 opsi
(pilihan). Uji coba terhadap instrumen penelitian dilakukan dengan tujuan untuk
mengetahui validitas dan realibilitas instrumen sebelum digunakan untuk
mengumpulkan data. Validitas yang digunakan untuk instrumen variabel kepuasan kerja, variabel iklim sekolah dan variabel profesionalitas guru adalah validitas
konstruk. Sedangkan untuk realibilitas instrumen diteliti dengan menggunakan rumus
Alpha Cronbach.
Ada tiga kesimpulan utama dari hasil penelitian ini, yaitu : Pertama, terdapat
pengaruh langsung positip iklim sekolah terhadap kepuasan kerja guru, dengan
menggunakan uji t dimana thitung = 2,78 atau lebih besar dari ttable = 1,66 dengan
persamaan regresi linier 3 X ˆ = 103,19 + 0,33X1 dan koefisien korelasi r13 sebesar 0,273
serta koefisien determinasi sebesar 0,075 menerangkan bahwa 7,5% variansi variabel
kepuasan kerja guru ditentukan oleh variabel iklim sekolah. Ini berarti bahwa semakin
baik iklim sekolah semakin tinggi tingkat kepuasan kerja guru. Sebaliknya semakin
buruk iklim sekolah semakin menurun tingkat kepuasan kerja guru. Kedua, terdapat
pengaruh langsung positip profesionalitas guru terhadap kepuasan kerja guru, dengan
menggunakan uji t dimana thitung = 2,69 atau lebih besar dari ttable = 1,66 dengan
persamaan regresi linier 3 X ˆ = 129,01 + 0,14X2 dan koefisien korelasi r23 sebesar 0,141
serta koefisien determinasi sebesar 0,02 menerangkan bahwa 2% variansi variabel
kepuasan kerja guru ditentukan oleh variabel profesionalitas guru. Ini berarti bahwa
semakin baik profesionalitas guru semakin tinggi tingkat kepuasan kerja guru.
Sebaliknya semakin rendah profesionalitas guru semakin menurun tingkat kepuasan
kerja guru. Ketiga, terdapat pengaruh langsung positip iklim sekolah terhadap
profesionalitas guru, dengan menggunakan uji t dimana thitung = 1,80 atau lebih besar
dari ttable = 1,66 dengan persamaan regresi linier 2 X ˆ = 93,56 + 0,22X1 dan koefisien
korelasi r12 sebesar 0,180 serta koefisien determinasi sebesar 0,032 menerangkan bahwa
3,2% variansi variabel profesionalitas guru ditentukan variabel iklim sekolah. Ini berarti bahwa semakin baik iklim sekolah semakin tinggi profesionalitas guru. Sebaliknya
semakin rendah iklim sekolah semakin menurun profesionalitas guru.
Analisis jalur (path analysis) didapat p21= 0,180, p31 = 0,255 dan p32 = 0,100 di
atas ttable = 0,05 yang berarti path analysisnya signifikan. Iklim sekolah dapat
berpengaruh secara langsung kepada kepuasan kerja guru dan kepuasan kerja guru
dipengaruhi secara langsung positip oleh iklim sekolah. Meningkatnya iklim sekolah
akan meningkatkan kepuasan kerja guru sebesar 25,5%. Profesionalitas guru
berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan kerja guru dan kepuasan kerja guru
dipengaruhi secara langsung positip oleh profesionalitas guru. Meningkatnya
profesionalitas guru akan meningkatkan kepuasan kerja guru sebesar 10 %. Iklim
sekolah berpengaruh secara langsung terhadap profesionalitas guru dan profesionalitas
guru dipengaruhi secara langsung positip oleh iklim sekolah. Meningkatnya iklim
sekolah akan meningkatkan profesionalitas guru sebesar 18 %.
Kata kunci : Iklim Sekolah, Profesionalitas Guru dan Kepuasan Kerja Guru
|