Chelly Iman Setiane. Hubungan antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah
dan Komitmen Tugas Mengajar dengan Kepuasan Kerja Guru di SMP Negeri
Jakarta Pusat. Tesis. Program Studi Magister Administrasi Pendidikan,
Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
November 2013.
Tesis ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara (1) gaya
kepemimpinan kepala sekolah dan (2) komitmen tugas mengajar dengan (3)
kepuasan kerja guru di SMP Negeri Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat.
Hipotesis penelitian ini terdiri dari: (1) terdapat hubungan positif
antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kepuasan kerja guru; (2)
terdapat hubungan positif antara komitmen tugas mengajar dan kepuasan kerja
guru; (3) terdapat hubungan positif antara gaya kepemimpinan kepala sekolah
dengan komitmen tugas mengajar guru secara bersama-sama dengan kepuasan
kerja guru.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru SMP Negeri di
Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat, yang berjumlah 143 orang guru dari 4
SMP Negeri di wilayah Kecamatan Kemayoran. Adapun sampel yang menjadi
responden dalam penelitian ini sebanyak 60 orang guru SMP Negeri di
Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey
dengan menggunakan instrumen penelitian kuesioner berbentuk skala dengan
5 kontinum. Teknik analisis data untuk variabel gaya kepemimpinan kepala
sekolah (X1), komitmen tugas (X2), dan kepuasan kerja guru (Y)
menggunakan kuesioner model skala likert. Analisis reliabilitas untuk variabel
X1, X2, dan Y dihitung dengan rumus Alpha Cronbach, dan diperoleh nilai
reliabilitas untuk variabel X1 sebesar rii = 0,7833 untuk variabel X2 sebesar
rii = 0,8569 dan variabel Y sebesar rii= 0,8737 dalam penelitian ini semua
data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik
inferensial. Statistik deskriptif digunakan untuk menyajikan data setiap variabel secara tunggal. Statistik inferensial digunakan untuk menguji
hipotesis penelitian dengan menggunakan statistika korelasi sederhana,
parsial, regresi sederhana dan regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat hubungan
positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kepuasan
kerja guru, dengan persamaan regresi linier Ŷ= 64,403 + 0,366 X1 dan
koefesisien korelasi ry1 = 0,4342 pada taraf α = 0,05. Nilai koefisien
determinasi 18,85 %. Nilai koefisien determinasi tersebut menyatakan bahwa
18,85 % dari varians kepuasan kerja guru dapat dipengaruhi oleh gaya
kepemimpinan kepala sekolah. Kedua, terdapat hubungan positif dan
signifikan antara komitmen tugas dan kepuasan kerja guru, dengan persamaan
regresi linier Ŷ= 53,88+0,449 X2 dan koefesisien korelasi ry2 = 0,571 pada
taraf α = 0,05. Nilai koefisien determinasi 56,76 % dari varians kepuasan kerja
guru dapat dipengaruhi oleh komitmen tugas. Ketiga, terdapat hubungan
positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan
komitmen tugas secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru, dengan
persamaan regresi Ŷ= 53,74 + 0,008 X1+ 0,443 X2 dan koefesisien korelasi
ry.12 = 0,774 pada taraf α = 0,05. Nilai koefisien determinasi 36,3 % berarti
kepuasan kerja guru dapat dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan kepala
sekolah bersama- sama dengan komitmen tugas mengajar guru.
Hasil penelitian diharapkan berguna dalam upaya peningkatan kualitas
kerja kepala sekolah dan kepuasan kerja guru dengan mempertimbangkan
kesimpulan penelitian ini. Kepuasan kerja guru (Y) dapat ditingkatkan dengan
cara mengembangkan gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan
menumbuhkan komitmen kuat pada tugas mengajar guru (X2).
|