Abstrak  Kembali
Sri Asmiaty : Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa SMP (Studi Kasus Pada Siswa Kelas IX Reguler Sekolah Menengah Pertama Negeri 41 Jakarta Selatan). Tesis, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2012 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif dan model pembelajaran konvensional memberikan hasil belajar yang berbeda terhadap mata pelajaran matematika bagi siswa yang memiliki minat yang berbeda. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 41 di Jakarta Selatan sebanyak 7 (tujuh) kelas dan berjumlah 250 siswa, sampel dipilih secara random sebanyak empat kelas yang masing-masing terdiri dari dua kelas eksperimen dan dua kelas kontrol melalui teknik cluster random sampling. Untuk kelas eksperimen diberikan pembelajaran kooperatif sedangkan untuk kelas kontrol diberikan pembelajaran konvensional, masing-masing kelompok perlakuan dibedakan minat belajarnya yakni minat belajar tinggi dan minat belajar rendah. Rancangan penelitian ini menggunakan desain factorial 2 x 2 dengan tiga variabel, terdiri dari dua variabel bebas yaitu variabel model pembelajaran dan minat belajar serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) pada kelompok siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif memberikan hasil belajar matematika yang lebih tinggi daripada dengan pembelajaran konvensional (2) pada kelompok siswa yang memiliki minat belajar tinggi memberikan hasil belajar matematika yang lebih tinggi daripada minat belajar rendah (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa.