Abstrak  Kembali
Mutmainah : Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Intelejensi Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri 05 Pagi Jakarta Timur). Tesis, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan pembelajaran problem solving dan pendekatan pembelajaran konvensional memberikan hasil belajar yang berbeda terhadap mata pelajaran matematika bagi siswa yang memiliki intelejensi yang berbeda. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Cibubur 05 di Jakarta Timur sebanyak 3 (tiga) kelas dan berjumlah 120 siswa. Sampel dipilih secara random sebanyak dua kelas yang masing-masing terdiri dari satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol melalui teknik multi stage random sampling. Untuk kelas eksperimen diberikan pembelajaran problem solving sedangkan untuk kelas kontrol diberikan pembelajaran konvensional, masing-masing kelompok perlakuan dibedakan intelejensinya yakni intelejensi tinggi dan intelejensi rendah. Rancangan penelitian ini menggunakan desain faktorial 2x2 dengan tiga variabel, terdiri dari dua variabel bebas yaitu variabel pendekatan pembelajaran dan intelejensi serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar matematika pada kelompok siswa yang diajar dengan pembelajaran problem solving lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional (2) Terdapat interaksi positif antara pendekatan pembelajaran dan intelejensi terhadap hasil belajar matematika siswa. (3) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran problem solving lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki intelejensi tingi. (4) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran problem solving lebih rendah daripada siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki intelejensi rendah.