Lismawati, Evaluasi terhadap Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2013: Studi Kualitatif pada SD Muhammadiyah 5. Tesis. Program Studi Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Januari 2015. Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan evaluasi terhadap implemantasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2013 dengan menggunakan model CIPP (Context, Input,
Process, Product): Studi Kualitatif pada SD Muhammadiyah 5. Metode yang digunakan adalah riset evaluasi yaitu suatu metode yang menggunakan
angka-angka, keterangan tertulis, informasi lisan dan beragam fakta untuk
mendapatkan data yang berhubungan dengan masalah evaluasi terhadap implementasi KTSP 2013. Pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi, wawancara, obeservasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 5, Staf Kurikulum dan Guru kelas. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konteks dalam implementasi KTSP 2013 di SD Muhammadiyah 5 sudah jelas visi, misi dan tujuannya. Input dalam implementasi KTSP 2013 masih kurang terkontrol dengan baik, hal ini terlihat dari input guru dan karyawan masih banyak yang bekerja tidak sesuai dengan profesinya. Sebagian guru yang menjadi guru kelas tidak berasal dari
lulusan PGSD melainkan berasal dari lulusan satu bidang studi. Proses Implementasi KTSP 2013 sudah baik karena sudah sesuai dengan prosedur Kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah. Produk dalam implementasi KTSP 2013 di SD Muhammadiyah masih belum ada, baik di bidang akademik maupun non akademik. Diharapkan bagi Institusi lebih memperhatikan dalam proses perekrutan guru agar calon guru yang akan dipakai benar-benar sesuai dengan keprofesiannya agar proses belajar mengajar dapat berjalan secara maksimal. Disamping itu diharapkan institusi terus memberikan pembekalan dan pelatihan kepada semua guru agar dapat menerapkan kurikulum 2013 secara benar sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah.
|