Kurniasih, Hubunagan Antara Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Profesionalitas Guru dengan Mutu Pelayanan Sekolah di Sekolah Luar Biasa Jakarta Selatan. Tesis Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Agustus 2014
Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan keterampilan manajerial kepala sekolah dan profesionalitas guru dengan mutu pelayanan sekolah di Sekolah Luar Biasa Jakarta Selatan.
Penelitian ini dilakukan dilingkungan dinas pendidikan kotamadya Jakarta Selatan provinsi DKI Jakarta, dengan metode penelitian lapangan melalui survei, menggunakan kuesioner melalui teknik analisis korelasi dan regresi. Populasi target adalah seluruh guru PNS di SLB Negeri Jakarta Selatan dengan random sampling.
Dalam penelitian terdapat tiga hipotesis, yaitu 1) terdapat hubungan positif antara keterampilan manajerial kepala sekolah dan mutu pelayanan sekolah 2) terdapat hubungan positif antara profesionalitas guru dan mutu pelayanan sekolah 3) terdapat hubungan positif antara keterampilan manajerial kepala sekolah dan profesionalitas guru secara bersama-sama dengan mutu pelayanan sekolah.
Uji coba instrumen untuk mendapatkan validitas butir pernyataan dan releabilitas instrumen dengan Pearson Product moment dan Alpha Cronbach . instrumen mutu pelayanan sekolah memiliki reliabilitas rii = 0.905, keterampilan manajerial kepala sekolah memiliki reliabilitas rii = 0.907, dan profesionalitas guru memiliki reliabilitas 0.848, pada tingkat signifikan α = 0.05.
Ramalan hubungan, dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana. disimpulkan bahwa pada tingkat signifikansi α = 0.05 menghasilkan : (1) terdapat hubungan yang positif antara keterampilan manajerial kepala sekolah (X1) dan mutu pelayanan sekolah (Y) memperoleh persamaan regresi Ŷ = 65.79 + 0.4X1 koefisien korelasi ry1 = 0.795. dan koefisien determinasi KD = 0.6320 hal ini berarti 63,2% variasi mutu pelayanan sekolah ditentukan oleh keterampilan manajerial kepala sekolah. (2) terdapat hubungan positif antara profesionalitas guru (X2) dan mutu pelayanan sekolah
iii
(Y) memperoleh persamaan Ŷ = 56.61 + 0.56X2 koefisien korelasi ry2 = 0.535, dan koefisien determinasi KD = 0.2862 hal ini berarti 28,62% variasi mutu pelayanan sekolah ditentukan oleh profesionalitas guru. (3) terdapat hubungan positif antara keterampilan manajerial kepala sekolah (X1) dan profesionalitas guru (X2) secara bersama-sama dengan mutu pelayanan sekolah (Y) . memperoleh persamaan regresi Ŷ = 47.03 +0.347X1 + 0.237X2 koefesien korelasi ganda Ry12 = 0.819 pada signifkansi α = 0.05.
Pada akhirnya hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan dan khususnya untuk peningkatan mutu pelayanan sekolah di Sekolah Luar Biasa Jakarta Selatan Provinsi DKI Jakarta.
Saran rekomendasi untuk Dinas Pendidikan Kotamadya Jakarta Selatan agar keterampilan manajerial kepala sekolah lebih ditingkatkan lagi supaya dapat mengatasi kebutuhan nyata sekolah dan dapat meningkatkan profesionalitas guru yang lebih baik sehingga mutu pelayanan sekolah dapat tercapai dengan baik.
|