Arifannisa, Hubungan Antara Supervisi Pengawas dan Efektivitas Kepemimpinan
Kepala TK dengan Disiplin Kerja Guru Taman Kanak-Kanak Kecamatan Kebayoran
Baru. Tesis, Program studi Magister Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana
Universitas Muhamadiyah Prof. DR. HAMKA, November 2014
Tesis ini bertujuan untuk mengungkap hubungan antara supervisi pengawas
dengan efektivitas kepemimpinan kepala TK dengan disiplin kerja guru Taman Kanakkanak
Kecamatan Kebayoran Baru Jakarta Selatan.
Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitaif dengan pengumpulan data
menggunakan kuesioner yang disebar kepada 30 Taman Kanak- Kanak di Kecamatan
Kebayoran Baru Jakarta Selatan untuk mengetahui supervisi pengawas, efektivitas
kepemimpinan kepala TK dan disiplin kerja guru.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Hipotesis pertama dalam penelitian ini
telah teruji kebenarannya dan dinyatakan dapat diterima, yaitu hasil uji hipotesis
pertama dilakukan dengan uji t menunjukkan hasil bahwa thitung sebesar 9.78 dan nilai t
tabel sebesar 1.99, maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan persamaan regresi Y = 127.13+ 0.0195X hasil perhitungan korelasi positif sebesar 56.10%, dengan ry1 =
0.719, ry1
2 = 0.5610 dan ry1.2 = 0.450.
Hipotesis kedua dalam penelitian ini telah teruji kebenarannya dan dinyatakan
dapat diterima, yaitu bahwa efektivitas kepemimpinan kepala TK yang dilakukan
dengan uji t menunjukkan hasil bahwa t hitung sebesar 2.81 dan nilai t tabel sebesar 1.99,
dengan nilai sig sebesar 0.000, Karena t hitung 2.81 > t tabel 1.99, maka Ho ditolak dan
Ha diterima, dengan persamaan regresi Y = 116.16+ 0.0716 X hasil perhitungan
korelasi positif sebesar 56.10%, dengan ry2 = 0.742, ry2
2 = 0.5506 dan ry2.1 = 0.950.
Hipotesis ketiga dalam penelitian ini telah teruji kebenarannya dan dinyatakan
dapat diterima, yaitu bahwa hubungan supervisi pengawas, efektivitas kepemimpinan
kepala TK dengan disiplin kerja guru yang dilakukan dengan uji F menunjukkan hasil
bahwa Fhitung sebesar 48.50 dan nilai Ftabel sebesar 3.09, dengan persamaan regresi Y =
129.4 + 12.26 X1 + 27.04 X2 dengan R2y.12 = 0.098 dan Ry.12
= 0.313. maka H0 ditolak
dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis berdasarkan uji F
variabel supervisi pengawas dan efektivitas kepemimpinan kepala TK berhubungan
secara signifikan dengan disiplin kerja guru.
Hasil penelitian ini memberikan beberapa implikasi yaitu supervisi pengawas
mempunyai peran sangat penting dalam lingkungan sekolah, dengan kegiatan supervisi
dari pengawas untuk guru maka belajar mengajar akan terarah. Efektivitas
kepemimpinan kepala TK dengan upaya melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya
sebagai kepala TK, administrator, pemimpin, inovator dan motivator. Hasil penelitian
ini merupakan bukti ilmiah yang kiranya dapat menjadi pertimbangan pengawas,
seluruh kepala TK di Kecamatan Kebayoran Baru Jakarta Selatan dan para guru, bahwa
supervisi pengawas, efektivitas kepemimpinan kepala TK di Kecamatan Kebayoran
Baru Jakarta Selatan saat ini untuk tetap dipertahankan atau ditingkatkan guna
melahirkan disiplin kerja guru.
|