Karmila Dewi, Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Dan
Kepuasan Kerja Guru Terhadap Komitmen Organisasi Di Sekolah Menengah
Kejuruan Swasta Pada Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok Jawa Barat. Tesis.
Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas
Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Februari 2014.
Perumusan hipotesis ini adalah : 1) terdapat pengaruh kepemimpinan situasional
kepala sekolah (X1) terhadap komitmen organisasi (X3) di Sekolah Menengah Kejuruan
Swasta Pada Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok Jawa Barat, 2) terdapat pengaruh
kepuasan kerja guru (X2) terhadap komitmen organisasi (X3) di Sekolah Menengah
Kejuruan Swasta Pada Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok Jawa Barat, 3) terdapat
pengaruh kepemimpinan situasional kepala sekolah (X1) terhadap kepuasan kerja guru
(X2) di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Pada Kecamatan Pancoran Mas Kota
Depok Jawa Barat.
Kesimpulan : I) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan Gaya
Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah (X1) terhadap Komitmen Organisasi (X3).
Berdasarkan hasil uji signifikansi dan linieritas persamaan regresi dalam persamaan X₃
= 93,297+ 0,318X1 ternyata sangat signifikan dan linier, yang berarti setiap kenaikan 1
skor Komitmen Organisasi (X3) dipengaruhi oleh kenaikan skor 0,318 kali skor Gaya
Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah (X1) pada titik konstanta 93,297. Tingkat
kekuatan pengaruh antara Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah (X1)
dengan Komitmen Organisasi (X3) dapat ditunjukan dari koefisien korelasi r13=0,421
dan koefisien jalur P₃₁ 0,342 ˃ 0,05 berarti signifikan, hal ini berarti hipotesis 1
terbukti. 2) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan Kepuasan Kerja Guru
(X2) terhadap Komitmen Organisasi (X3). Berdasarkan hasil uji signifikansi dan
linieritas persamaan regresi dalam persamaan X3 = 76,828 + 0,352X2 ternyata sangat
signifikan dan linier, yang berarti setiap kenaikan 1 skor Komitmen Organisasi (X3)
dipengaruhi oleh kenaikan skor 0,352 kali skor Kepuasan Kerja Guru (X2) pada titik
konstanta 76,828. Tingkat kekuatan pengaruh antara Kepuasan Kerja Guru (X2) dengan
Komitmen Organisasi (X3) dapat ditunjukan dari koefisien korelasi r23= 0,421dan
koefisien jalur P₃₂= 0,343 ˃ 0,05 berarti signifikan, hal ini berarti hipotesis 2 terbukti.
3) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan Gaya Kepemimpinan Situasional
Kepala Sekolah (X1) terhadap Kepuasan Kerja Guru (X2). Berdasarkan hasil uji
signifikansi dan linieritas persamaan regresi dalam persamaan X2 = 99,316 + 0,208X1
ternyata sangat signifikan dan linier, yang berarti setiap kenaikan 1 skor Kepuasan
Kerja Guru (X2) dipengaruhi oleh kenaikan skor 0,208 kali skor Gaya Kepemimpinan
Situasional Kepala Sekolah (X1) pada titik konstanta 99,316. Tingkat kekuatan
pengaruh antara Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah (X1) dengan
Kepuasan Kerja Guru (X2) dapat ditunjukan dari koefisien korelasi r12= 0,230.
Koefisien jalur p21= 0,230 ˃ 0,05, berarti signifikan, hal ini berarti hipotesis 3
terbukti.
|