Abstrak  Kembali
HARMINI. Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal dan Iklim Kerja dengan Motivasi Kerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Jakarta Utara. Tesis: Sekolah Pascasarjana Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui, mengkaji, dan menganalisis adanya hubungan Komunikasi Interpersonal dan Iklim Kerja dengan motivasi kerja guru. Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat hubungan positif antara Komunikasi Interpersonal dengan motivasi kerja guru; (2) terdapat hubungan positif antara Iklim Kerja dengan motivasi kerja guru; dan (3) terdapat hubungan positif antara Komunikasi Interpersonal dan Iklim Kerja secara bersama-sama dengan motivasi kerja guru. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survei. Selanjutnya populasi dihomogenkan terlebih dahulu sehingga yang diambil adalah khusus guru PNS sebanyak 144 orang dan sampel 106 orang. Untuk hasil penelitian dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: Pertama terdapat hubungan positif dan signifikan antara Komunikasi Interpersonal (X1) dengan motivasi kerja guru (Y) dengan persamaan regresi Ŷ = 109,229 + 0,289X1 , dengan koefisien korelasi ry1 = 0,382 dan koefisien determinasi D = (ry1)2 = 14,59% signifikan pada = 0,05. Kedua terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Iklim Kerja (X2) dengan motivasi kerja guru (Y) dengan persamaan regresi Ŷ = 81,301 + 0,477X2, dengan koefisien korelasi ry2 = 0,521 dan koefisien determinasi D = (ry2)2 = 27,14% signifikan pada = 0,05. Ketiga terdapat hubungan positif dan signifikan antara Komunikasi Interpersonal (X1) dan Iklim Kerja (X2) secara bersama-sama dengan motivasi kerja guru (Y) dengan persamaan regresi Ŷ = 67,670 - 0,540X1+ 1,239X2, dengan koefisien korelasi Ry12 = 0,594 dan koefisien determinasi R2 = 35,28% signifikan pada a = 0,05.