HARMINI. Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal dan Iklim Kerja dengan
Motivasi Kerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Jakarta Utara.
Tesis: Sekolah Pascasarjana Program Studi Magister Administrasi Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui, mengkaji, dan menganalisis
adanya hubungan Komunikasi Interpersonal dan Iklim Kerja dengan motivasi kerja
guru. Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat hubungan positif antara Komunikasi
Interpersonal dengan motivasi kerja guru; (2) terdapat hubungan positif antara Iklim
Kerja dengan motivasi kerja guru; dan (3) terdapat hubungan positif antara Komunikasi
Interpersonal dan Iklim Kerja secara bersama-sama dengan motivasi kerja guru.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survei. Selanjutnya
populasi dihomogenkan terlebih dahulu sehingga yang diambil adalah khusus guru PNS
sebanyak 144 orang dan sampel 106 orang.
Untuk hasil penelitian dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: Pertama
terdapat hubungan positif dan signifikan antara Komunikasi Interpersonal (X1) dengan
motivasi kerja guru (Y) dengan persamaan regresi Ŷ = 109,229 + 0,289X1 , dengan
koefisien korelasi ry1 = 0,382 dan koefisien determinasi D = (ry1)2 = 14,59% signifikan
pada = 0,05. Kedua terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Iklim Kerja
(X2) dengan motivasi kerja guru (Y) dengan persamaan regresi Ŷ = 81,301 + 0,477X2,
dengan koefisien korelasi ry2 = 0,521 dan koefisien determinasi D = (ry2)2 = 27,14%
signifikan pada = 0,05. Ketiga terdapat hubungan positif dan signifikan antara
Komunikasi Interpersonal (X1) dan Iklim Kerja (X2) secara bersama-sama dengan
motivasi kerja guru (Y) dengan persamaan regresi Ŷ = 67,670 - 0,540X1+ 1,239X2,
dengan koefisien korelasi Ry12 = 0,594 dan koefisien determinasi R2 = 35,28%
signifikan pada a = 0,05.
|