Ngudiyo, NIM: 9801106163. ”Hubungan antara Motivasi Berprestasi dan Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas I SMK Program Bisnis dan Manajemen Se-Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan”. Tesis, Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2008.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi hubungan antara motivasi berprestasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan sikap siswa pada mata pelajaran dengan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa SMK di Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan.
Hipotesis yang diuji adalah: (1) Terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi terhadap mata pelajaran dengan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa SMK Purnama 2 dan SMK Negeri 41 Jakarta; (2) Terdapat hubungan positif antara sikap siswa pada mata pelajaran dengan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa SMK Purnama 2 dan SMK Negeri 41 Jakarta; dan (3) Terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dan sikap siswa terhadap mata pelajaran secara bersama-sama dengan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa SMK Purnama 2 dan SMK Negeri 41 Jakarta.
Penelitian ini dilakukan dengan metode studi survey. Populasi target adalah seluruh siswa SMK di Kecamatan Cilandak Jakarta dan populasi terjangkau adalah siswa kelas I SMK Negeri 41 Jakarta dan SMK Purnama 2 Jakarta. Sampel diambil dengan metode systematic Random Sampling. Data tentang motivasi berprestasi pada pelajaran Bahasa Indonesia dan sikap siswa pada mata pelajaran diperoleh dari angket yang disebarkan pada siswa, sedangkan data tentang hasil belajar Bahasa Indonesia diperoleh dari tes mata pelajaran bahasa Indonesia yang dikumpulkan langsung oleh peneliti.
Analisis data dilakukan dengan teknik analisis regresi product moment dan analisis korelasi ganda dengan perhitungan menggunakan bantuan program komputer statistik SPSS.
Berdasarkan hasil uji-statistik penelitian ini, yang pertama menunjukkan terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan hasil belajar bahasa Indonesia dengan koefisien korelasi ry1 =0,788 dengan persamaan regresi Ŷ = 4,506 + 0,269X1. Jika X1 naik 1 poin maka Ŷ bertambah 0,269 pada konstanta 4,506. Hasil uji-statistik kedua menunjukkan hubungan positif antara sikap siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan hasil belajar bahasa Indonesia dengan koefisien korelasi ry2 = 0,908 dengan persamaan regresi Ŷ = -10,784 + 0,44X2. Jika X2 naik 1 poin, maka Ŷ bertambah 0,44 pada konstanta -10,784. Hasil uji-statistik ketiga juga menunjukkan hubungan positif secara bersama-sama antara motivasi berprestasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia dan sikap siswa terhadap pelajaran bahasa Indonesia dengan hasil belajar bahasa Indonesia dengan koefisien korelasi ρy1,2 = 0,812 dengan persamaan regresi Ŷ = -10,82 + 0,20X1 +.0,339X2. Artinya, jika X1 naik 1 poin maka Ŷ bertambah 0,20 pada konstanta -10,82 dengan kedudukan X2 sebagai pengontrol, dan sebaliknya jika X2 naik 1 poin, maka Ŷ bertambah 0,399 pada konstanta -10,82, dengan kedudukan X1 sebagai pengontrol.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa SMK dapat ditingkatkan dengan jalan meningkatkan motivasi berprestasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia dan sikap positif siswa terhadap mata pelajaran tersebut.
|