Abstrak  Kembali
Sri Mulyani, Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Etos Kerja terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Cempaka Putih Jakarta Pusat. Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh: (1) kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja guru, (2) etos kerja guru terhadap kepuasan kerja guru, dan (3) kepemimpinan transformasional terhadap etos kerja guru. Hipotesis yang diujikan adalah : (1) terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja guru, (2) terdapat pengaruh langsung positif etos kerja guru terhadap kepuasan kerja guru, dan (3) terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan transformasional terhadap etos kerja guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh guru PNS Sekolah Dasar se Kecamatan Cempaka Putih. Penentuan besar sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin, dari populasi sebanyak 172 dan tingkat kesalahan 5% diperoleh banyak sampel sebanyak 120 orang. Pengambilan sampel secara acak sederhana (sampling random sampling). Teknik pegambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner model Skala Likert. Analisis validitas data dan reliabilitas data dalam penelitian dihitung dengan bantuan program Microsoft Excel. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian persyaratan statistik meliputi pengujian normalitas dan pengujian homogenitas. Hasil pengujian persyaratan statistik menunjukkan bahwa data dari ketiga galat taksiran regresi berdistribusi normal dan variansnya bersifat homogen. Pengujian menggunkan pengujian regresi linier. koefesien korelasi, dan koefesien determinasi. Uji keberartian menggunakan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama: terdapat pengaruh langsung kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja guru, dengan persamaan regresi linier 3 Xˆ = 81,44 + 0,41X1 dengan koefisien korelasi r13 sebesar 0,558 sehingga koefisien determinasi sebesar 0,31 dan besarnya ρ31 = 0,494. Kedua, terdapat pengaruh langsung etos kerja guru terhadap kepuasan kerja guru, dengan persamaan regresi linier 3 Xˆ = 84,52 + 0,37X2 dengan koefesien korelasi r23 sebesar 0,364 sehingga koefisien determinasi sebesar 0,13 dan besarnya iii ρ32 = 0,220. Ketiga, terdapat pengaruh langsung kepemimpinan tranformasional terhadap etos kerja guru, dengan persamaan regresi linier 2 Xˆ = 138,46 + 0,21X1 dengan koefisien korelasi r12 sebesar 0,291 sehingga koefisien determinasi sebesar 0,08 dan besarnya ρ21 = 0,291. Hasil penelitian ini diharapkan berguna dalam upaya perbaikan kinerja guru Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Cempaka Putih Jakarta Pusat mengingat hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kepemimpinan transformasional dan etos kerja guru secara signifikan mampu meningkatkan kepuasan kerja guru.