Sri Mulyani, Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Etos Kerja
terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Cempaka
Putih Jakarta Pusat. Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah
Prof. DR. HAMKA, 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh: (1) kepemimpinan
transformasional terhadap kepuasan kerja guru, (2) etos kerja guru terhadap
kepuasan kerja guru, dan (3) kepemimpinan transformasional terhadap etos kerja
guru.
Hipotesis yang diujikan adalah : (1) terdapat pengaruh langsung positif
kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja guru, (2) terdapat
pengaruh langsung positif etos kerja guru terhadap kepuasan kerja guru, dan (3)
terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan transformasional terhadap etos
kerja guru.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei.
Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh guru PNS Sekolah Dasar se
Kecamatan Cempaka Putih. Penentuan besar sampel dalam penelitian ini
menggunakan rumus Slovin, dari populasi sebanyak 172 dan tingkat kesalahan
5% diperoleh banyak sampel sebanyak 120 orang. Pengambilan sampel secara
acak sederhana (sampling random sampling).
Teknik pegambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner
model Skala Likert. Analisis validitas data dan reliabilitas data dalam penelitian
dihitung dengan bantuan program Microsoft Excel.
Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian
persyaratan statistik meliputi pengujian normalitas dan pengujian homogenitas.
Hasil pengujian persyaratan statistik menunjukkan bahwa data dari ketiga galat
taksiran regresi berdistribusi normal dan variansnya bersifat homogen. Pengujian
menggunkan pengujian regresi linier. koefesien korelasi, dan koefesien
determinasi. Uji keberartian menggunakan taraf signifikansi α = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama: terdapat pengaruh langsung
kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja guru, dengan persamaan
regresi linier 3 Xˆ = 81,44 + 0,41X1 dengan koefisien korelasi r13 sebesar 0,558
sehingga koefisien determinasi sebesar 0,31 dan besarnya ρ31 = 0,494. Kedua,
terdapat pengaruh langsung etos kerja guru terhadap kepuasan kerja guru, dengan
persamaan regresi linier 3 Xˆ = 84,52 + 0,37X2 dengan koefesien korelasi
r23 sebesar 0,364 sehingga koefisien determinasi sebesar 0,13 dan besarnya
iii
ρ32 = 0,220. Ketiga, terdapat pengaruh langsung kepemimpinan tranformasional
terhadap etos kerja guru, dengan persamaan regresi linier 2 Xˆ = 138,46 + 0,21X1
dengan koefisien korelasi r12 sebesar 0,291 sehingga koefisien determinasi sebesar
0,08 dan besarnya ρ21 = 0,291.
Hasil penelitian ini diharapkan berguna dalam upaya perbaikan kinerja
guru Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Cempaka Putih Jakarta Pusat mengingat
hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kepemimpinan transformasional
dan etos kerja guru secara signifikan mampu meningkatkan kepuasan kerja guru.
|