N. Dais, Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja
terhadap Disiplin Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Karang Tengah
Kota Tangerang. Tesis, Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah
Prof. DR. HAMKA, Jakarta, 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Pengaruh Kepemimpinan Visioner
Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Disiplin Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri
di Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang.
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional
dengan populasi terdiri dari 134 dan sampel sebanyak 100 guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, terdapat pengaruh langsung
positif Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru,
berdasarkan hasil perhitungan rumus product moment, koefisien korelasi r13= 0,676 dan diketahui koefisien jalur (p31 = 0,427) pada α = 0,05. Hal ini berarti sebesar 45,7% variasi Disiplin Kerja Guru (X3) dipengaruhi oleh Kepemimpinan Visioner Kepala
Sekolah (X1). Kedua, terdapat pengaruh langsung positif Motivasi Kerja Guru terhadap Disiplin Kerja Guru berdasarkan hasil perhitungan rumus product moment, koefisien korelasi r23= 0,655 diketahui koefisien jalur (p32 = 0,357) pada α = 0,05. Hal ini berarti sebesar 42,8% variasi Disiplin Kerja Guru (X3) dipengaruhi oleh Motivasi Kerja Guru (X2). Ketiga, terdapat pengaruh langsung positif Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru berdasarkan hasil perhitungan rumus product moment, koefisien korelasi r12= 0,699 dan diketahui bahwa rh > rt (0,699 > 0,195) artinya dapat dikatakan koefisien jalur (p21 = 0,699) pada α = 0,05. Hal ini berarti sebesar 48,9% variasi Motivasi Kerja Guru (X2) dipengaruhi oleh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah (X1).
|