WRESNI PUJIYATI. Hubungan antara Gaya Kepemimpinan Transformasional
Kepala Sekolah Dan Disiplin Kerja Guru Dengan Etos Kerja Guru Sekolah Menengah
Kejuruan Swasta di Kecamatan Karawang Barat. Tesis : Sekolah Pascasarjana
Universitas Prof. DR. Hamka, 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengetahui hubungan antara Gaya
Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Disiplin Kerja Guru Dengan
Etos Kerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Kecamatan Karawang Barat.
Hipotesis yang diuji adalah : (1) terdapat hubungan positif antara gaya
kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan etos kerja guru (2) terdapat
hubungan positif antara disiplin kerja guru dengan etos kerja guru (3) terdapat
hubungan positif antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan
disiplin keja guru secara bersama-sama dengan etos guru.
Penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Kecamatan
Karawang Barat dengan metode penelitian penyebaran quesioner populasi penelitian
berjumlah 156 orang, sedangkan sampel penelitian berjumlah 112 orang, teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Data dianalisis dengan
menggunakan teknik korelasi dan regresi. Angket gaya kepemimpinan transformasional
kepala sekolah, disiplin kerja guru, dan etos kerja guru divalidasi dengan rumus korelasi
product moment, sedangkan reliabilitas diukur dengan rumus Alpha Cronbach. Analisis
data menggunakan teknik korelasi dan regresi.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa : (1) terdapat hubungan positif antara gaya
kepemimpinan (X1) dan etos keja guru (Y) dengan koefisien korelasi r y1 = 0,663 pada
taraf signifikansi α 0,05 dan persamaan regresi Ŷ = 41,553 + 0,634 X1 ; (2) terdapat
hubungan positif antara disiplin keja guru (X2) dan etos kerja guru (Y) dengan koefisien
korelasi r y2 = 0,599 pada taraf signifikansi α 0,05 dan persamaan regresi Ŷ = 71,162 +
0,471 X2 dan (3) terdapat hubungan positif antara gaya kepemimpinan
transformasional kepala sekolah (X1) dan disiplin kerja guru(X2) secara bersama-sama
dengan etos kerja guru (Y) dengan koefisien korelasi R y12 = 0,239 pada taraf
signifikansi α 0,05 dan persamaan regresi ganda (multiple) Ŷ = 31,866 + 0,446X1 +
0,272X2.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan positif antara gaya
kepemimpinan transformaisonal kepala sekolah(X1) dan etos kerja guru (Y) Sekolah
Menengah Kejuruan Swasta di Kecamatan Karawang Barat; (1) terdapat hubungan
positif antara disiplin kerja guru (X2) dengan etos kerja guru (Y) Sekolah Menegah
Kejuruan Swasta di Kecamatan Karawang Barat; (3) terdapat hubungan positif antara
gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) dan disiplin kerja guru (X2)
secara bersama-sama dengan etos kerja guru (Y) Sekolah Menengah Kejuruan di
Karawang Barat.
|