SARMAN. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap
Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Pasar Minggu Jakarta
Selatan. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah
Prof. DR. HAMKA 2012
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan analisis
mengenai pengaruh (1) supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2)
motivasi kerja terhadap kinerja guru dan (3) supervisi kepala sekolah
terhadap motivasi kerja
Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat pengaruh langsung positip
supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) terdapat pengaruh
langsung positip motivasi kerja terhadap kinerja guru, (3) terdapat pengaruh
langsung positip supervisi kepala sekolah terhadap motivasi kerja
Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh guru SDN di Kecamatan Pasar Minggu
berjumlah 130 orang guru. Sampel berjumlah 75 orang guru dengan
menggunakan teknik acak sederhana (Simple Random Sampling)
Instrumen yang digunakan untuk menjaring data veriabel kinerja guru,
supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja dengan angket model skala
Likert. Uji Validitas dihitung dengan rumus Product Moment dan
Keterandalannya (Reliabilitas) dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil
uji coba untuk variabel kinerja guru sebesar r11 = 0,9328; hasil uji coba untuk
variabel supervisi kepala sekolah sebasar r11 = 0,9199; dan hasil uji coba
untuk variabel motivasi kerja sebesar r11 = 0,9455. Data dianalisis dengan
statistik deskriptif dan inferensial, untuk pengujian hipotesis digunakan
statistik korelasi sederhana, dan analisis jalur
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh
langsung positif supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru, dengan
persamaan regresi = 14,57 + 0,89X1, koefesien korelasi sebesar r13 =
0,830; dan koefesien jalur p31 sebesar 0,522; pada taraf signifikansi α =
0,05.
Kedua, terdapat pengaruh langsung positif motivasi kerja terhadap
kinerja guru, dengan persamaan regresi = 21,13 + 0,95X2, koefesien
korelasi sebesar r23 = 0,803; dan koefesien jalur p32 sebesar 0,391 pada
taraf signifikansi α = 0,05.
Ketiga, terdapat pengaruh langsung positif supervisi kepala sekolah
terhadap motivasi kerja, dengan persamaan regresi = 18,99 + 0,73X1
koefesien korelasi sebesar r12 = 0,795; dan koefesien jalur p21 sebesar 0,795;
pada taraf signifikansi α = 0,05.
Hasil penelitian ini berguna bagi peningkatan kinerja guru dengan cara
meningkatkan supervisi kepala sekolah (X1) dan motivasi kerja (X2)
|