YUERNAH. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi
terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Johar Baru
Jakarta Pusat. Tesis. Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Sekolah
Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Desember 2013.
Tesis ini bertujuan untuk menganalisis 1) Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah
terhadap kepuasan kerja guru. 2) Pengaruh budaya organisasi terhadap kepuasan kerja
guru. 3) Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap budaya organisasi.
Penelitian ini menggunakan metode survey kausal dengan desain korelasional dan
analis jalur. Disain korelasional digunakan untuk mengetahui hubungan dan besarnya
pengaruh antara dua variabel atau lebih. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah gaya kepemimpinan (X1), budaya organisasi (X2), dan kepuasan kerja guru (X3).
Populasi penelitian ini yaitu seluruh guru berstatus PNS di Sekolah Dasar Negeri
se-Kecamatan Johar Baru Jakarta Pusat. Sedangkan populasi terjangkaunya adalah guru
berstatus PNS di 34 Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Johar Baru Jakarta Pusat yang
berjumlah 252 orang. Hasil perhitungan dengan dengan rumus Slovin diperoleh
sebanyak 155 orang guru sebagai sampel penelitian dan ditetapkan 30 orang sebagai
sampel uji coba. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel yaitu pengambilan
sampel dengan cara memberikan kesempatan yang sama kepada populasi untuk dipilih
dan dijadikan sebagai sampel secara proporsional.
Instrumen penelitian yang digunakan berbentuk kuesioner yang masing-masing
butir pernyataan terdiri dari lima pilihan jawaban yang diukur menggunakan skala
model Likert sehingga untuk pernyataan positif diberi skor dari 5 sampai 1, sedangkan
untuk pernyataan negatif diberi skor 1 sampai 5, dimana untuk 5 jawaban. Tahapan
analisis data dalam penelitian ini meliputi deskripsi data, pengujian persyaratan analisis,
dan pengujian hipotesis. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1) pengaruh
langsung terdapat positif gaya kepemimpinan kepala sekolah tehadap kepuasan kerja
guru. Hal ini berarti semakin baik gaya kepemimpinan kepala sekolah maka semakin
baik kepuasan kerja guru. Dengan koefisien korelasi (r13) sebesar 0,239, koefisien
determinasi (r2
13) sebesar 0,0571, persamaan regresi 3 X ˆ = 101,81 + 0,19X1, dan nilai
koefisien jalur (p31) sebesar 0,166. 2) Terdapat pengaruh langsung positif budaya organisasi terhadap kepuasan kerja guru. Hal ini berarti semakin baik budaya organisasi
semakin baik kepuasan kerja guru. Dengan koefisien korelasi (r23) psebesar 0,262,
koefisien determinasi (r2
23) sebesar 0,0686, persamaan regresi 3 X ˆ = 98,83 + 0,22X2, dan
nilai koefisien jalur (p32) sebesar 0,202. 3) Terdapat pengaruh langsung positif gaya
kepemimpinan kepala sekolah terhadap budaya organisasi. Hal ini berarti semakin baik
gaya kepemimpinan kepala sekolah maka semakin baik budaya organisasi. Dengan
koefisien korelasi (r12) sebesar 0,360, koefisien determinasi (r2
12) sebesar 0,1296,
persamaan regresi 2 X ˆ = 79,26 + 0,19X1, dan nilai koefisien jalur (p21) sebesar 0,360.
|