Abstrak  Kembali
YUERNAH. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Johar Baru Jakarta Pusat. Tesis. Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Desember 2013. Tesis ini bertujuan untuk menganalisis 1) Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru. 2) Pengaruh budaya organisasi terhadap kepuasan kerja guru. 3) Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap budaya organisasi. Penelitian ini menggunakan metode survey kausal dengan desain korelasional dan analis jalur. Disain korelasional digunakan untuk mengetahui hubungan dan besarnya pengaruh antara dua variabel atau lebih. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah gaya kepemimpinan (X1), budaya organisasi (X2), dan kepuasan kerja guru (X3). Populasi penelitian ini yaitu seluruh guru berstatus PNS di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Johar Baru Jakarta Pusat. Sedangkan populasi terjangkaunya adalah guru berstatus PNS di 34 Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Johar Baru Jakarta Pusat yang berjumlah 252 orang. Hasil perhitungan dengan dengan rumus Slovin diperoleh sebanyak 155 orang guru sebagai sampel penelitian dan ditetapkan 30 orang sebagai sampel uji coba. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel yaitu pengambilan sampel dengan cara memberikan kesempatan yang sama kepada populasi untuk dipilih dan dijadikan sebagai sampel secara proporsional. Instrumen penelitian yang digunakan berbentuk kuesioner yang masing-masing butir pernyataan terdiri dari lima pilihan jawaban yang diukur menggunakan skala model Likert sehingga untuk pernyataan positif diberi skor dari 5 sampai 1, sedangkan untuk pernyataan negatif diberi skor 1 sampai 5, dimana untuk 5 jawaban. Tahapan analisis data dalam penelitian ini meliputi deskripsi data, pengujian persyaratan analisis, dan pengujian hipotesis. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1) pengaruh langsung terdapat positif gaya kepemimpinan kepala sekolah tehadap kepuasan kerja guru. Hal ini berarti semakin baik gaya kepemimpinan kepala sekolah maka semakin baik kepuasan kerja guru. Dengan koefisien korelasi (r13) sebesar 0,239, koefisien determinasi (r2 13) sebesar 0,0571, persamaan regresi 3 X ˆ = 101,81 + 0,19X1, dan nilai koefisien jalur (p31) sebesar 0,166. 2) Terdapat pengaruh langsung positif budaya organisasi terhadap kepuasan kerja guru. Hal ini berarti semakin baik budaya organisasi semakin baik kepuasan kerja guru. Dengan koefisien korelasi (r23) psebesar 0,262, koefisien determinasi (r2 23) sebesar 0,0686, persamaan regresi 3 X ˆ = 98,83 + 0,22X2, dan nilai koefisien jalur (p32) sebesar 0,202. 3) Terdapat pengaruh langsung positif gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap budaya organisasi. Hal ini berarti semakin baik gaya kepemimpinan kepala sekolah maka semakin baik budaya organisasi. Dengan koefisien korelasi (r12) sebesar 0,360, koefisien determinasi (r2 12) sebesar 0,1296, persamaan regresi 2 X ˆ = 79,26 + 0,19X1, dan nilai koefisien jalur (p21) sebesar 0,360.