Abstrak  Kembali
Kusuma Wardhana : Pengaruh Model Pembelajaran dan Kreativitas Siswa terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi pada siswa kelas XI IPS Di SMA Sejahtera 1 Depok. Tesis, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara model pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran geografi, selain itu juga dapat mengetahui antara kreativitas siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran geografi pada siswa serta dapat mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran geografi pada siswa kelas XI IPS di SMA Sejahtera 1 Depok. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Sejahtera 1 Depok sebanyak 5 kelas dan berjumlah 150 siswa, sampel dipilih secara random sebanyak 4 kelas yang masing-masing terdiri dari dua kelas eksperimen dan dua kelas kontrol melalui teknik cluster random sampling. Untuk kelas eksperimen diberikan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) sedangkan kelas kontrol diberikan pembelajaran konvensional, masing-masing kelompok perlakuan dibedakan kreativitas siswa tinggi dan kreativitas siswa rendah. Rancangan penelitian ini menggunakan desain faktorial 2 x 2 dengan tiga variabel, terdiri dari dua variabel bebas yaitu model pembelajaran dan kreativitas siswa serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran geografi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) pada kelompok siswa yang diberi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) memberikan hasil belajar geografi yang lebih tinggi dari pada kelompok siswa yang diberi model pembelajaran konvensional, (2) pada kelompok siswa dengan kreativitas tinggi memiliki hasil belajar geografi lebih tinggi dari pada kelompok siswa dengan kreativitas rendah, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar geografi. Implikasi penelitian ini menunjukan bahwa: dalam meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran geografi dapat dilakukan dengan memperhatikan tingkat kreativitas siswa dan model pembelajaran dengan upaya (1) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi melalui pemahaman model pembelajaran yang dilakukan guru, (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi dengan tingkat kreativitas siswa, (3) peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi melalui penyesuaian antara tingkat kreativitas siswa dengan model pembelajaran. Dan saran dalam penelitian ini meningkatkan hasil belajar siswa yang komprehensif terhadap mata pelajaran geografi dapat dilakukan dengan memperhatikan tingkat kreativitas siswa baik tinggi atau rendah dan model pembelajaran CTL atau Konvensional, sesuai dengan bidang study dan jenis mata pelajaran yang diajarkan.