Abstrak  Kembali
SUHANTO,Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika (Eksperimen di SMK Dharma Karya Jakarta Selatan)”. TESIS ; Jakarta : Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan ; Universitas Muhammadiyah Prof. DR.HAMKA. Januari 2014. Tesis ini berujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika SMA Dharma Karya Jakarta.. Metode yang digunakan adalah Metode Eksperimen. Sampel penelitian ini diambil populasi terjangkau dengan teknik multi stage random sampling, yaitu sebanyak 60 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen angket, untuk mengukur motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika, serta instrumen tes, untuk mengukur hasil belajar matematika. Setelah dilakukan uji coba, kedua instrumen tersebut dinyatakan valid dan reliabel, sehingga layak digunakan untuk pengumpulan data. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan dilakukan uji persyaratan analisis, yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, yang hasilnya data berdistribusi normal dan sampel berasal dari varians homogen, sehingga analisis selanjutnya menggunakan analisis statistik parametrik, yaitu menggunakan anava dua jalur. Dari pengolahan data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : (1) Hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori (2) Terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. (3) Siswa yang bermotivasi tinggi, hasil belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. (4) Siswa yang bermotivasi rendah, hasil belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori.