Abstrak  Kembali
Meta Mustika Sari, Pengaruh media pembelajaran dan kecerdasan spasial terhadap hasil belajar geometri peserta didik pada kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Bina Informatika Bintaro. Tesis, Program Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA (UHAMKA) , Oktober 2014. Tesis ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran dan kecerdasan spasial dalam pembelajaran geometri. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Bina Informatika Bintaro, kelas X (sepuluh) semester satu tahun akademik 2014-2015. Sampel yang diteliti sebanyak 47 peserta didik yang terdiri dari 25 kelas eksperimen, 23 kelas control, dan 10 peserta didik pada setiap kelompok sel rancangan eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Analisis data dari hasil penelitian menggunakan analisis varian dua arah. Hasil penelitian ini mengungkapkan: (1) Diperoleh data Fhitung = 4,22 > 4,11 = Ftabel dengan taraf signifikansi α = 0,05, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar geometri peserta didik yang diajar menggunakan media adobe flash lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar menggunakan media cetak (2) Diperoleh data Fhitung = 6,10 > 4,11 = Ftabel dengan taraf signifikansi α = 0,05, dapat disimpulkan bahwa pencapaian hasil belajar geometri dipengaruhi oleh interaksi antara media pembelajaran guru dan kecerdasan spasial peserta didik. (3) Diperoleh data thitung = 3,21 > 1,69 = ttabel dengan taraf signifikansi α = 0,05, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar geometri peserta didik yang diajar dengan menggunakan media adobe flash lebih tinggi dari peserta didik yang diajar dengan media cetak pada peserta didik yang memiliki kecerdasan spasial tinggi. (4) Diperoleh data thitung = 0,29 > 1,69 = ttabel dengan taraf signifikansi α = 0,05 , dapat disimpulkan bahwa hasil belajar geometri peserta didik yang diajar dengan menggunakan media adobe flash lebih rendah dari peserta didik yang diajar menggunakan media cetak pada peserta didik yang memiliki kecerdasan spasial rendah