Konsep Polusi pada Siswa SMK PGRI 16 DKI Jakarta. Tesis. Program Studi Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas
Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta. Januari 2014. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi Pembelajaran mind mapping dan sikap ilmiah terhadap pemahaman konsep polusi. Disamping itu juga diteliti adakah interaksi antara strategi pembelajaran terhadap pemahaman konsep polusi pada siswa. Hasil uji coba instrumen penelitian menunjukkan bahwa reliabilitas
instrumen pemahaman konsep polusi siswa sebesar 0,870 atau 87% dan sikap ilmiah siswa sebesar 0,914 atau 91,4%, analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur. Kesimpulan hasil penelitian mengungkapkan : (1) Secara keseluruhan pemahaman konsep polusi siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran mind mapping lebih tinggi daripada yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional. (Fhitung = 6.021 > Ftabel = 4.03); (2) Terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajarn mind mapping dengan sikap ilmiah siswa terhadap pemahaman konsep polusi pada pada pelajaran IPA. (Fhitung = 39,458 > Ftabel = 4,03); (3) Pemahaman konsep polusi pada siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Mind mapping lebih tinggi daripada siswa yang
diajar dengan strategi pembelajaran konvensional. (Qhitung1 = 8.74 > Qtabel = 3,70); (4) Pemahaman konsep polusi pada siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran mind mapping lebih rendah daripada yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional. (Qhitung2 = 3.83 > Qtabel = 3,70).
|