Abstrak  Kembali
SORAYA SHANTI. Pengaruh Bentuk Soal Evaluasi Formatif dan Motivasi berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMAN 77 Jakarta. Tesis, Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Bentuk soal evaluasi formatif dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMAN 77 Jakarta. Hipotesis yang diuji kebenarannya adalah : (1) Kelompok siswa yang diberikan bentuk soal evaluasi formatif bentuk esai mempunyai hasil belajar matematika lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang diberi bentuk soal evaluasi formatif bentuk pilihan ganda, (2) Terdapat pengaruh interaksi antara bentuk soal evaluasi formatif dengan motivasi berprestasi terhadap pelajaran matematika, (3) Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang mempunyai Motivasi Berprestasi tinggi dan diberikan Bentuk soal evaluasi formatif Bentuk Esai dengan Bentuk soal evaluasi formatif Bentuk Pilihan Ganda, (4) Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang mempunyai Sikap Positif dan diberikan Bentuk soal evaluasi formatif Bentuk Esai dengan Bentuk soal evaluasi formatif Bentuk Pilihan Ganda. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen. Populasi target adalah 114 siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 77 Jakarta. Sampel diambil secara random (acak) sebanyak siswa dari 2 kelas yang berbeda sebanyak 48 siswa diberikan bentuk soal essay yang terdiri dari 26 siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, serta 26 siswa diberikan bentuk soal pilihan ganda yang terdiri dari 13 siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan 13 siswa memiliki motivasi berprestasi. Hasil uji coba instrumen penelitian menunjukan bahwa keterandalan masing-masing instrumen adalah sebagai berikut : hasil belajar bentuk soal essay mempunyai rtt = 0,902; bentuk soal pilihan ganda mempunyai rtt = 0,892; motivasi berprestasi mempunyai rtt = 0,932. analisis data yang digunakan adalah analisis varians 2 jalan. Hasil penelitian menyimpulkan hal-hal sebagai berikut : Pertama, terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara bentuk soal essay dan bentuk soal pilihan ganda, dengan hasil Fhitung = 4,889 > Ftabel = 4,04. Kedua, terdapat interaksi antara bentuk soal dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika siswa, karena hasil Fhitung = 146,858 > Ftabel = 7,16. Ketiga, untuk siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi, terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara bentuk soal essay dan bentuk soal pilihan ganda, dengan hasil Qhitung = 14,33 > Qtabel, = 4,04. Keempat, untuk siswa yang mempunyai sikap motivasi berprestasi rendah, terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa, dengan hasil Qhitung = 9,91 > Qtabel, = 4,04. Hasil penelitian ini diharapkan berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di Sekolah Menangah Atas Negeri 77.