Slamet Wibowo, Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Dan Gaya Kognitif
Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri Jakarta Selatan. Tesis. Program Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Februari 2015 Tesis ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendekatan pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar Matematika. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning atau pembelajaran kontektual dan pendekatan Konvensional. Sedangkan gaya kognitif dibedakan dalam kelompok Field Dependen dan Field Independent.
Hipotesis yang diuji adalah (1) hasil belajar matematika siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) Hasil belajar matematika siswa yang gaya kognitifnya field independent lebih tinggi daripada yang field dependent; dan
(3) Terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan gaya kognitif siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Jakarta Selatan. Sampel penelitian adalah SMA Negeri 74 Jakarta dan SMA Negeri 108 Jakarta Kelas Eksperimen adalah kelas X MIA-1 dan X MIA-2 SMA Negeri 74 Jakarta dan kelas kontrol kelas X MIA 1 dan X MIA 3 dari SMA Negeri 108 Jakarta yang diperoleh menggunakan teknik sampling multi-stage random sampling berdasarkan Factorial Group Design. Jumlah sample pada penelitian ini adalah 80 siswa, yang terbagi dalam empat kelompok yaitu : 20 siswa kelas eksperimen dengan gaya belajar field dependen, 20 siswa kelas eksperimen dengan gaya belajar field independen, 20 siswa kelas kontrol dengan gaya belajar field dependen, 20 siswa kelas kontrol dengan gaya belajar field independen. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain eksperimen faktorial 2 x 2. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data (1) test gaya kognitif (r = 0,860). (2) test hasil belajar matematika (r = 0,914). Data yang terjaring dianalilis dengan analisis deskriptif dan inferensial menggunakan ANOVA dua jalur dan uji lanjut dengan uji Tukkey HSD, pada taraf signifikasi 0,05 Dari penelitian ini diperoleh temuan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran terhadap hasil belajar Matematika, pendekatan pembelajaran kontektual lebih efektif dari pendekatan pembelajaran konvensional (nilai signifikansi = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 224,198 > Ftabel = 2,72); (2) Terdapat pengaruh gaya kognitif terhadap hasil belajar Matematika siswa, hasil belajar matematika siswa dengan gaya kognitif field Independen lebih tinggi dari siswa dengan gaya kognitif dependen (signifikansi= 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 79,121 > Ftabel = 2,72); (3) Terdapat pengaruh interaksi pendekatan pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar Matematika (nilai signifikansi= 0,041< 0,05 dan Fhitung = 4,308 > Ftabel = 2,72.) Berdasarkan temuan penelitian ini maka : (1) Hasil belajar Matematika siswa dipengaruhi oleh pendekatan pembelajaran yang digunakan. Oleh karena itu pendekatan pembelajaran merupakan variabel yang penting untuk diperhatikan dalam meningkatkan hasil belajar matematika. (2) Gaya kognitif merupakan variabel yang penting untuk diperhatikan dalam memprediksi hasil belajar Matematika dalam diri seorang siswa.(3) Hasil belajar Matematika siswa sangat ditentukan oleh pendekatan pembelajaran dan gaya kognitifnya.
|