Abstrak  Kembali
Samsul Hadi. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Sikap terhadap Hasil Belajar IPS. Study Eksperimen di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sukamulya (MTsN) Kabupaten Tangerang. Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2014. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mengetahui pengaruh Metode pembelajaran ( X1) dan Sikap Belajar Siswa ( X2) terhadap Hasil Belajar IPS ( Y ). Hipotesis yang diuji adalah (1) Hasil belajar IPS siswa secara keseluruhan yang diajar menggunakan metode pembelajaran tipe STAD lebih tinggi daripada hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional/ceramah. (2) Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan sikap siswa terhadap hasil belajar IPS . (3) Hasil belajar IPS siswa yang mempunyai sikap positif yang diajar menggunakan metode pembelajaran STAD lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode konvensional /ceramah.(4) Hasil belajar IPS siswa yang mempunyai sikap negatif yang diajar menggunakan metode pembelajaran STAD lebih rendah daripada hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode konvensional /ceramah. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanwiyah Negeri Sukamulya Kabupaten Tangerang dengan menggunakan metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel mengunakan Cluster Random Sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 48 siswa yang dibedakan atas siswa yang mempunyai sikap positif dan negatif. Hasil uji coba penelitian menunjukkan bahwa reliabilitas instrument hasil belajar IPS mempunyai rri = 0,801 dan sikap terhadap pelajaran IPS rii = 0,922 Analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Hasil belajar IPS siswa secara keseluruhan yang diajar menggunakan metode pembelajaran tipe STAD lebih tinggi daripada hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional/ceramah. Dari hasil penelitian dengan menggunakan Anava dua jalur diperoleh harga F hitung lebih tinggi daripada harga tabel yaitu 6,14 > 4,06 dengan menggunakan 0,05. 2. Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan sikap siswa terhadap hasil belajar IPS . dari hasil penelitian diperoleh harga F hitung lebih tinggi daripada F tabel yaitu 358,30 > 4,06 pada taraf signifikansi 0,05. 3. Hasil belajar IPS siswa yang mempunyai sikap positif yang diajar menggunakan metode pembelajaran STAD lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode konvensional /ceramah. Dari hasil perhitungan uji lanjut dengan menggunakan uji Tukey diperoleh harga Q hitung lebih tinggi daripada Q tabel yaitu 21,41 > 3,44 4. Hasil belajar IPS siswa yang mempunyai sikap negatif yang diajar menggunakan metode pembelajaran STAD lebih rendah daripada hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode konvensional /ceramah. Dari hasil perhitungan uji lanjut dengan menggunakan uji Tukey diperoleh harga Q hitung lebih tinggi daripada Q tabel yaitu 16,45 > 3,44 Dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan bagi limu pengetahuan, khususnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS