Abstrak  Kembali
NUR AZIJAH. Hubungan antara sikap siswa terhadap matematika dan kemampuan awal siswa dengan hasil belajar matematika siswa SMP Islam Al Azhar Jakarta. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jakarta 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara sikap siswa terhadap matematika dan kemampuan awal siswa dengan hasil belajar matematika siswa SMP Al Azhar Jakarta. Hipotesis yang diajukan adalah : (1) Terdapat hubungan positif antara sikap siswa terhadap matematika dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP AL Azhar Jakarta, (2) Terdapat hubungan positif antara kemampuan awal siswa dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP AL Azhar Jakarta, (3) Terdapat hubungan positif antara sikap siswa terhadap matematika dan kemampuan awal siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP AL Azhar Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan korelasional yang menghubungkan antara dua variabel bebas dengan satu variabel terikat. Variabel bebas pertama (X1) adalah sikap siswa terhadap matematika; variabel bebas kedua (X2) adalah kemampuan awal siswa dan varibel terikat (Y) adalah hasil belajar matematika siswa. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Islam Al Azhar yang berada di Wilayah DKI Jakarta yang berjumlah 7 sekolah. Berdasarkan pengundian maka penulis mengambil sampel sebanyak 3 sekolah. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik stratified random sampling, yaitu teknik pengambilannya secara bertahap ,berstrata namun secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner terdiri dari pernyataan-pernyataan dan pernyataan-pernyataan yang dijawab atau direspon oleh responden dalam hal ini adalah siswa kelas VII. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan Uji statistik regresi linear sederhana. Hipotesis pertama yang diajukan adalah terdapat hubungan positif antara sikap siswa terhadap matematika dan hasil belajar matematika. Dari perhitungan diperoleh persamaan regresi hasil belajar matematika atas antara sikap siswa terhadap matematika Ŷ = -1,397 + 0,368 X1 dan hasil analisis regresi sederhana untuk varibel kemampuan awal siswa (X2) dengan variabel terikat hasil belajar matematika (Y) diperoleh persamaan regresi linier Ŷ = -22,518 + 0,348 X2 . Dari perhitungan diperoleh persamaan regresi hasil belajar matematika ( Y ) atas sikap siswa terhadap matematika ( X1 ) dan kemampuan awal siswa ( X2 ) Ŷ = -15,705 + 0,119X1 + 0,235 X2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap siswa terhadap mata pelajaran memiliki hubungan yang lebih kuat dibandingkan dengan kemampuan awal yang dimiliki siswa. Sikap positif terhadap mata pelajaran merupakan sebuah modal awal untuk mendapatkan hasil yang optimal.