Abstrak  Kembali
Nina Rusydiana, Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Sikap Belajar dan Regulasi Diri Dalam Belajar (Self Regulated Learning) Mahasiswa Pada Sekolah Tinggi Di Kabupaten Lebak. (UHAMKA). Tesis. Program Studi Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Oktober 2014. Tesis ini bertujuan untuk menguji model pengukuran dan model struktural variabel laten (konstruk) serta untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi terhadap sikap belajar, pengaruh motivasi terhadap regulasi diri dalam belajar, dan pengaruh sikap belajar terhadap regulasi diri dalam belajar. Penelitian dilakukan pada dua (2) Sekolah Tinggi di Kabupaten Lebak, yaitu STKIP Setia Budhi dan STIE La Tansa Mashiro. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan teknik Model Persamaan Struktural (SEM). Sampel penelitian berjumlah 344 orang mahasiswa pada semester II dan IV dengan menggunakan rumus slovin. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kontruk regulasi diri dalam belajar, sikap belajar dan motivasi berprestasi dalam penelitian ini adalah angket. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : model pengukuran yang diusulkan fit dengan data. Hasil uji kebermaknaan terhadap estimasi parameter model struktural juga menunjukkan bahwa ketiga parameter model signifikan. Artinya (1) terdapat pengaruh positif langsung antara motivasi berprestasi terhadap regulasi diri dalam belajar, (2) terdapat pengaruh langsung positif antara motivasi berprestasi terhadap sikap belajar, serta (3) terdapat pengaruh langsung positif antara sikap belajar terhadap regulasi diri dalam belajar. Pada semester II, motivasi berprestasi memberikan kontribusi atau pengaruh yang lebih besar terhadap regulasi diri dalam belajar dibandingkan mahasiswa pada semester IV. Sedangkan pada semester IV, sikap belajar memberikan kontribusi atau pengaruh yang lebih besar terhadap regulasi diri dalam belajar dibandingkan dengan mahasiswa semester II. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan strategi keterampilan belajar mahasiswa yaitu self regulated learning sehingga proses pembelajaran menjadi lebih mudah dan efektif. Mahasiswa juga dapat meningkatkan motivasi berprestasi serta sikap belajarnya dengan memahami karakter yang ada pada dirinya. Perlu dilakukan studi lanjutan dengan menambah variable atau indicator diluar penelitian ini, agar menghasilkan model persamaan yang lebih baik dan bervariasi.