Nandang Solihin, Evaluasi satuan pendididkan mengimplementasikan
kurikulum 2013 di SD Islam Terpadu Al Inayah Pamulang. Tesis. Program studi
Penelitian dan Evaluasi Pendidikan sekolah pascasarjana UHAMKA oktober
2014.
Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi keterlaksanaan kesiapan satuan
pendidikan mengimplementasikan kurikulum 2013 di SD Islam Terpadu Al Inayah
Pamulang dan menyesuaikan dengan standar minimal pendidikan menggunakan model
evaluasi stake’s
Metode yang digunalan adalah metode, jenis , model dengan pendekatan
kualitatif yaitu data dikumpulkan secara mendalam dengan observasi, meneliti
dokumentasi dan wawancara mendalam dengan berbagai sumber. Wawancara di
lakukan kepada kepala sekolah SD Islam Terpadu Al Inayah Pamulang sebagai sekolah
focus evaluasi, wakil kepala sekolah bagian kurikulum SD Islam Terpadu Al Inayah
Pamulang dan Guru SD Islam Terpadu Al Inayah Pamulang.
Penelitian evaluasi ini dapat di simpulkan bahwa pada aspek entecendent bahwa
masih terdapat beberapa ranah yang belum terpenuhi seperti sosialisasi kurikulum 2013
dan pendampingan Guru oleh Dinas Pendidikan setempat. Sehingga rekomendasi pada
aspek tersebut adalah segera melakukan sosialisasi dan pendampingan kurikulum 2013
terhadap guru dan dilakukan sosialisasi terhadap masyarakat khususnya orang tua siswa
Kemudian untuk aspek transcations dari segi pemenuhan standar proses yang
dilakukan oleh guru sudah memenuhi kriteria hanya saja dalam proses pemebelajaran
siswa terkendala dengan fasilitas buku pegangan siswa sehingga menjadi penghambat
dalam pelaksanaan pembelajaran. Rekomendasi terhadap masalah tersebut adalah
Sekolah memonitor ulang keperluan siswa terhadap buku, karena tidak memenuhi
standar minimal pendidikan dimana siswa harus mempunyai buku pegangan sebanyak
satu buku persiswa.
Aspek terakhir yang dievaluasi adalah aspek outcomes dimana hasil UAS
memperlihatkan bahwa siswa memperoleh nilai yang semakin meningkat, dikarenakan
adanya kurikulum 2013. Akan tetapi, nilai rata-rata kelas belum memenuhi standar yang
ditetapkan namun meningkat sebelum di lakukan implementasi kurikulum 2013 hingga
di lakukan implementasi kurikulum 2013. Rekomendasi dari hal tersebut adalah dengan
lebih memaksimalkan pelaksanaan implementasi kurikulum 2013 di sekolah terutama
oleh guru.
|