Abstrak  Kembali
Nandang Solihin, Evaluasi satuan pendididkan mengimplementasikan kurikulum 2013 di SD Islam Terpadu Al Inayah Pamulang. Tesis. Program studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan sekolah pascasarjana UHAMKA oktober 2014. Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi keterlaksanaan kesiapan satuan pendidikan mengimplementasikan kurikulum 2013 di SD Islam Terpadu Al Inayah Pamulang dan menyesuaikan dengan standar minimal pendidikan menggunakan model evaluasi stake’s Metode yang digunalan adalah metode, jenis , model dengan pendekatan kualitatif yaitu data dikumpulkan secara mendalam dengan observasi, meneliti dokumentasi dan wawancara mendalam dengan berbagai sumber. Wawancara di lakukan kepada kepala sekolah SD Islam Terpadu Al Inayah Pamulang sebagai sekolah focus evaluasi, wakil kepala sekolah bagian kurikulum SD Islam Terpadu Al Inayah Pamulang dan Guru SD Islam Terpadu Al Inayah Pamulang. Penelitian evaluasi ini dapat di simpulkan bahwa pada aspek entecendent bahwa masih terdapat beberapa ranah yang belum terpenuhi seperti sosialisasi kurikulum 2013 dan pendampingan Guru oleh Dinas Pendidikan setempat. Sehingga rekomendasi pada aspek tersebut adalah segera melakukan sosialisasi dan pendampingan kurikulum 2013 terhadap guru dan dilakukan sosialisasi terhadap masyarakat khususnya orang tua siswa Kemudian untuk aspek transcations dari segi pemenuhan standar proses yang dilakukan oleh guru sudah memenuhi kriteria hanya saja dalam proses pemebelajaran siswa terkendala dengan fasilitas buku pegangan siswa sehingga menjadi penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran. Rekomendasi terhadap masalah tersebut adalah Sekolah memonitor ulang keperluan siswa terhadap buku, karena tidak memenuhi standar minimal pendidikan dimana siswa harus mempunyai buku pegangan sebanyak satu buku persiswa. Aspek terakhir yang dievaluasi adalah aspek outcomes dimana hasil UAS memperlihatkan bahwa siswa memperoleh nilai yang semakin meningkat, dikarenakan adanya kurikulum 2013. Akan tetapi, nilai rata-rata kelas belum memenuhi standar yang ditetapkan namun meningkat sebelum di lakukan implementasi kurikulum 2013 hingga di lakukan implementasi kurikulum 2013. Rekomendasi dari hal tersebut adalah dengan lebih memaksimalkan pelaksanaan implementasi kurikulum 2013 di sekolah terutama oleh guru.