Muhamad Apid Kurniwan, Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Minat Belajar
Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Swasta
(Mis) Se-Kelompok Kerja Madrasah (Se-Kkm) Pesanggrahan Jakarta Selatan.
Tesis. Program Studi Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah
Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Juli 2013.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) Pengaruh
profesionalisme guru terhadap hasil belajar bahasa Arab peserta didik, (2)
Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar bahasa Arab peserta didik, (3)
Pengaruh profesionalisme guru dan minat belajar terhadap hasil belajar Bahasa
Arab peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Se-Kelompok Kerja
Madrasah (Se-KKM) Pesanggrahan Jakarta Selatan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey kausal.
Populasi dalam penelitian ini adalah 137 peserta didik dari 5 Madrasah Ibtidaiyah
Swasta (MIS) Se-Kelompok Kerja Madrasah (Se-KKM) Pesanggrahan Jakarta
Selatan dan jumlah sampel sebanyak 35 responden dengan tekhnik random
sampling. Alat analisis yang digunakan adalah teknik analisis jalur (Path
Analisys).
Berdasarkan analisis jalur (path analysis), hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung positif profesionalisme guru terhadap
hasil belajar bahasa Arab peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Se-
Kelompok Kerja Madrasah (Se-KKM) Pesanggrahan Jakarta Selatan dengan
persamaan regresi Ŷ dari -2,367 + 0,184 X1, koefesien korelasi 0,689 dengan
koefesien path 0,483 pada tarap = 0,05. (2) Terdapat pengaruh langsung positif
minat belajar terhadap hasil belajar bahasa Arab peserta didik Madrasah
Ibtidaiyah Swasta Se-Kelompok Kerja Madrasah Pesanggrahan Jakarta Selatan
dengan persamaan regresi Ŷ dari -2,367 + 0,136 X2, koefesien korelasi 0,672
dengan koefesien path 0,451 pada tarap = 0,05. (3) Terdapat pengaruh langsung positif profesionalisme guru terhadap minat belajar peserta didik Madrasah
Ibtidaiyah Swasta (MIS) Se-Kelompok Kerja Madrasah (Se-KKM) Pesanggrahan
Jakarta Selatan dengan persamaan regresi Ŷ dari 51,720 + 0,579X1, koefesien
korelasi 0,459 dengan koefesien path 0,459 pada tarap = 0,05.
Nilai F hitung sebesar 27,942 > nilai F tabel sebesar 3,295 menunjukkan
bahwa variabel profesionalisme guru dan minat belajar secara simultan mampu
menjelaskan perubahan pada variabel hasil belajar bahasa Arab peserta didik
Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) se-kelompok kerja madrasah (Se-KKM)
Pesanggrahan Jakarta Selatan atau dengan kata lain model dinyatakan cocok atau
fit.
|