Abstrak  Kembali
Muhamad Apid Kurniwan, Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Swasta (Mis) Se-Kelompok Kerja Madrasah (Se-Kkm) Pesanggrahan Jakarta Selatan. Tesis. Program Studi Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Juli 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) Pengaruh profesionalisme guru terhadap hasil belajar bahasa Arab peserta didik, (2) Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar bahasa Arab peserta didik, (3) Pengaruh profesionalisme guru dan minat belajar terhadap hasil belajar Bahasa Arab peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Se-Kelompok Kerja Madrasah (Se-KKM) Pesanggrahan Jakarta Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah 137 peserta didik dari 5 Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Se-Kelompok Kerja Madrasah (Se-KKM) Pesanggrahan Jakarta Selatan dan jumlah sampel sebanyak 35 responden dengan tekhnik random sampling. Alat analisis yang digunakan adalah teknik analisis jalur (Path Analisys). Berdasarkan analisis jalur (path analysis), hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung positif profesionalisme guru terhadap hasil belajar bahasa Arab peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Se- Kelompok Kerja Madrasah (Se-KKM) Pesanggrahan Jakarta Selatan dengan persamaan regresi Ŷ dari -2,367 + 0,184 X1, koefesien korelasi 0,689 dengan koefesien path 0,483 pada tarap  = 0,05. (2) Terdapat pengaruh langsung positif minat belajar terhadap hasil belajar bahasa Arab peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Swasta Se-Kelompok Kerja Madrasah Pesanggrahan Jakarta Selatan dengan persamaan regresi Ŷ dari -2,367 + 0,136 X2, koefesien korelasi 0,672 dengan koefesien path 0,451 pada tarap  = 0,05. (3) Terdapat pengaruh langsung positif profesionalisme guru terhadap minat belajar peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Se-Kelompok Kerja Madrasah (Se-KKM) Pesanggrahan Jakarta Selatan dengan persamaan regresi Ŷ dari 51,720 + 0,579X1, koefesien korelasi 0,459 dengan koefesien path 0,459 pada tarap  = 0,05. Nilai F hitung sebesar 27,942 > nilai F tabel sebesar 3,295 menunjukkan bahwa variabel profesionalisme guru dan minat belajar secara simultan mampu menjelaskan perubahan pada variabel hasil belajar bahasa Arab peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) se-kelompok kerja madrasah (Se-KKM) Pesanggrahan Jakarta Selatan atau dengan kata lain model dinyatakan cocok atau fit.