Abstrak  Kembali
Erlinda Y, Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Cisauk Kabupaten Tangerang. Tesis. Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jakarta. Juni 2014. Tesis ini bertujuan mengungkapkan dan menganalisis perbedaan hasil belajar Bahasa Inggris siswa sekolah menengah pertama yang diajar dengan menggunakan metode pendekatan induktif dan yang diajar menggunakan metode pendekatan deduktif pada siswa yang memiliki gaya kognitif field independen atau yang memiliki gaya kognitif field dependen, serta pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan tingkat gaya kognitif siswa terhadap hasil belajar Bahasa Inggris. Hipotesis penelitian adalah: (1) Hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran metode pendekatan Induktif lebih tinggi daripada yang diajar menggunakan pembelajaran metode pendekatan deduktif, (2) terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan gaya kognitif siswa terhadap hasil belajar Bahasa Inggris, (3) hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang memiliki gaya kognitif independen dan diajar menggunakan pembelajaran metode pendekatan Induktif lebih tinggi daripada yang diajar menggunakan metode pembelajaran pendekatan deduktif, dan (4) Hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang memiliki gaya kognitif dependen dan diajar menggunakan pembelajaran metode pendekatan Induktif lebih rendah yang diajar menggunakan pembelajaran metode pendekatan deduktif. Metode yang digunakan penelitian eksperimen yaitu cara untuk mencari hubungan sebab akibat (hubungan kausal) antara dua faktor yang sengaja ditimbulkan dengan mengeliminasi atau mengurangi atau menyisihkan faktor-faktor lain yang mengganggu.Pemberian skala gaya kognitif untuk siswa menggunakan instrumen gaya kognitif yang telah disiapkan. Berdasarkan hasil penskalaan, siswa dikelompokkan sesuai gaya kognitifnya masing-masing, yaitu siswa yang memiliki gaya kognitif field independen dan siswa yang memiliki gaya kognitif field dependen. Membentuk kelas penelitian yang terdiri 1 (satu) kelas eksperimen terdiri siswa yang memiliki gaya kognitif field independen dan dependen dengan pembelajaran menggunakan metode pendekatan induktif, dan 1 (satu) kelas kontrol terdiri dari siswa yang memiliki gaya kognitif field independen dan dependen dengan pembelajaran menggunakan gaya kognitif field dependen. Penelitian ini dapat disimpulkan: (1) hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode pendekatan induktif lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode pendekatan deduktif, (2) adanya pengaruh interaksi penggunaan metode pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa, (3) hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang memiliki field independent yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran metode pendekatan induktif, dan (4) hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang lebih rendah bagi yang siswa memiliki gaya field dependent dan diajarkan menggunakan pembelajaran metode pendekatan induktif dibandingkan dengan siswa yang lebih rendah bagi siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran metode pendekatan deduktif Meningkatkan hasil belajar juga dapat dilakukan dengan memperhatikan gaya kognitif siswa dalam proses pembelajaran, khusus pembelajaran Bahasa Inggris. Oleh karena itu, guru perlu menyiapakan media pembelajaran sebagai pendukung dalam proses pembelajaran. Dengan mengetahui gaya kognitif siswa, guru dapat menyesuaikan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran, sehingga siswa memperoleh hasil belajar yang optimal.