Dawati Amaliah, Pengaruh Metode Mind Mapping Dan Motivasi Belajar
Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA SMPN 14 Tangerang Selatan, Program
Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta 26 November
2013.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode mind
mapping dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPA dengan
menggunakan metode penelitian metode eksperimen dan tehnik pengambilan
sampel cluster random sampling dengan sampel penelitiannya 80 siswa. Analisis
data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur.
Kesimpulan hasil penelitian mengungkapkan : (1) Hasil belajar IPA siswa
yang diajar dengan menggunakan metode mind mapping lebih tinggi daripada
yang diajar menggunakan metode ceramah, perhitungan dengan menggunakan
ANAVA dua jalur diperoleh harga Fhitung sebesar 5,088 lebih besar dari F
tabel sebesar 4,04; (2) Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran
dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa diperoleh harga F hitung
sebesar 378,012 lebih besar dari F tabel sebesar 7,19; (3) Pada siswa yang
mempunyai motivasi belajar tinggi hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan
menggunakan metode mind mapping lebih tinggi daripada yang diajar
menggunakan metode ceramah; (4) Pada siswa yang mempunyai motivasi belajar
rendah, hasil belajar IPA siswa yang diajar menggunakan metode mind mapping
lebih kecil dari pada yang menggunakan metode ceramah.
|