Abstrak  Kembali
Dawati Amaliah, Pengaruh Metode Mind Mapping Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA SMPN 14 Tangerang Selatan, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta 26 November 2013. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode mind mapping dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPA dengan menggunakan metode penelitian metode eksperimen dan tehnik pengambilan sampel cluster random sampling dengan sampel penelitiannya 80 siswa. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur. Kesimpulan hasil penelitian mengungkapkan : (1) Hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan menggunakan metode mind mapping lebih tinggi daripada yang diajar menggunakan metode ceramah, perhitungan dengan menggunakan ANAVA dua jalur diperoleh harga Fhitung sebesar 5,088 lebih besar dari F tabel sebesar 4,04; (2) Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa diperoleh harga F hitung sebesar 378,012 lebih besar dari F tabel sebesar 7,19; (3) Pada siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan menggunakan metode mind mapping lebih tinggi daripada yang diajar menggunakan metode ceramah; (4) Pada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah, hasil belajar IPA siswa yang diajar menggunakan metode mind mapping lebih kecil dari pada yang menggunakan metode ceramah.