Dian Megasari. Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik dan Gaya Belajar
Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa di SDIT Al Haraki Depok. Tesis.
Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
pendekatan matematika realistik dan gaya belajar terhadap prestasi belajar
Matematika siswa. Sampel peneltian sebanyak 44 siswa yang diambil dengan
menggunakan teknik Multistage Random Sampling.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen
dengan desain faktorial 2x2 dengan model treatment by levels. Instrumen yang
digunakan dalam mengumpulkan data gaya belajar adalah kuesioner. Sedangkan
untuk instrumen prestasi belajar Matematika dalam bentuk tes pilihan ganda.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) Prestasi belajar Matematika
yang diajar menggunakan pendekatan matematika realistik lebih tinggi daripada
prestasi belajar Matematika siswa yang diajar menggunakan pendekatan
konvensional. (2) Prestasi belajar Matematika siswa yang memiliki gaya belajar
visual lebih tinggi daripada yang memiliki gaya belajar auditorial. (3) Terdapat
pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan gaya belajar terhadap
prestasi belajar Matematika. (4) Pada siswa yang memiliki gaya belajar visual,
prestasi belajar Matematika yang diajar menggunakan pendekatan matematika
realistik lebih tinggi daripada prestasi belajar Matematika yang diajar
menggunakan pendekatan konvensional. (5) Pada siswa yang memiliki gaya
belajar auditorial, prestasi belajar Matematika yang diajar menggunakan
pendekatan matematika realistik lebih tinggi daripada prestasi belajar Matematika
yang diajar menggunakan pendekatan konvensional. (6) Pada pendekatan
matematika realistik, prestasi belajar Matematika siswa yang memiliki gaya
belajar visual lebih tinggi daripada prestasi belajar Matematika siswa yang
memiliki gaya belajar auditorial. (7) Pada pendekatan konvensional, prestasi
belajar Matematika siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih rendah daripada
prestasi belajar Matematika siswa yang memiliki gaya belajar auditorial.
Hasil kajian penelitian ini diinterpretasikan untuk mendapatkan
pemecahan masalah sebagai masukan yang berguna bagi guru Matematika untuk
menggunakan pendekatan matematika realistik dan meningkatkan prestasi belajar
Matematika siswa.
|