Abstrak  Kembali
Dian Megasari. Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa di SDIT Al Haraki Depok. Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pendekatan matematika realistik dan gaya belajar terhadap prestasi belajar Matematika siswa. Sampel peneltian sebanyak 44 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik Multistage Random Sampling. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain faktorial 2x2 dengan model treatment by levels. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data gaya belajar adalah kuesioner. Sedangkan untuk instrumen prestasi belajar Matematika dalam bentuk tes pilihan ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) Prestasi belajar Matematika yang diajar menggunakan pendekatan matematika realistik lebih tinggi daripada prestasi belajar Matematika siswa yang diajar menggunakan pendekatan konvensional. (2) Prestasi belajar Matematika siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih tinggi daripada yang memiliki gaya belajar auditorial. (3) Terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan gaya belajar terhadap prestasi belajar Matematika. (4) Pada siswa yang memiliki gaya belajar visual, prestasi belajar Matematika yang diajar menggunakan pendekatan matematika realistik lebih tinggi daripada prestasi belajar Matematika yang diajar menggunakan pendekatan konvensional. (5) Pada siswa yang memiliki gaya belajar auditorial, prestasi belajar Matematika yang diajar menggunakan pendekatan matematika realistik lebih tinggi daripada prestasi belajar Matematika yang diajar menggunakan pendekatan konvensional. (6) Pada pendekatan matematika realistik, prestasi belajar Matematika siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih tinggi daripada prestasi belajar Matematika siswa yang memiliki gaya belajar auditorial. (7) Pada pendekatan konvensional, prestasi belajar Matematika siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih rendah daripada prestasi belajar Matematika siswa yang memiliki gaya belajar auditorial. Hasil kajian penelitian ini diinterpretasikan untuk mendapatkan pemecahan masalah sebagai masukan yang berguna bagi guru Matematika untuk menggunakan pendekatan matematika realistik dan meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa.