Rohmat Mubarok. Pengaruh Tes Formatif dalam Pembelajaran Ceramah dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas X di SMK YAYASAN ZELANI AL-MANSYUR (YZA) 1 Kota Bogor. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Tahun 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah terdapat pengaruh tes formatif dalam pembelajaran ceramah dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar PAI, (2) Apakah terdapat interaksi antara tes formatif dalam pembelajaran ceramah dengan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar PAI, (3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar PAI, siswa yang memiliki motivasi tinggi terhadap mata pelajaran PAI yang diberikan tes uraian dengan yang diberikan tes pilihan ganda, dan (4) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar PAI, siswa yang bermemiliki motivasi rendah terhadap mata pelajaran PAI yang diberikan tes uraian dengan yang diberikan tes pilihan ganda.
Hipotesis penelitian ini adalah: (1) Hasil belajar PAI siswa yang diberikan tes uraian lebih tinggi dari pada siswa yang diberikan tes pilihan ganda. (2) Terdapat interaksi antara tes formatif dalam pembelajaran ceramah dan motivasi belajar siswa terhadap terhadap hasil belajar PAI. (3) Hasil belajar PAI siswa yang memiliki motivasi tinggi terhadap mata pelajaran PAI, yang diberikan tes uraian lebih tinggi dari pada siswa yang diberikan tes pilihan ganda. (4) Hasil belajar PAI siswa yang memiliki memiliki motivasi tinggi terhadap mata pelajaran PAI yang diberikan tes uraian lebih rendah dari pada siswa yang diberikan tes pilihan ganda.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah treatment by level dengan rancangan faktorial 2x2. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X (sepuluh) SMK YZA 1 Kota Bogor. Proses sampling yang digunakan dalam penelitian menggunakan teknik multi stage random sampling. Pengambilan data hasil belajar PAI dilakukan dengan instrument tes hasil belajar bentuk pilihan ganda dan uraian, sedangkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI menggunakan skala likert. Data yang terkumpul diolah menggunakan Uji-Lilliefors, Uji-Bartlett, ANAVA, dan Uji- t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil belajar PAI siswa yang diberikan tes uraian lebih tinggi dari pada hasil belajar PAI siswa yang diberikan tes pilihan ganda. (2) Terdapat pengaruh interaksi antara tes formatif dalam pembelajaran ceramah dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar PAI. (3) Bagi siswa yang memiliki memiliki motivasi tinggi terhadap mata pelajaran PAI, hasil belajar PAI siswa yang diberikan tes uraian lebih tinggi dari pada yang diberikan tes pilihan ganda.dan (4) Bagi siswa yang memiliki memiliki motivasi rendah terhadap mata pelajaran PAI, hasil belajar PAI siswa yang diberikan tes uraian lebih rendah dari pada yang diberikan tes pilihan ganda.
|