MARDIYANA. Pengaruh Pendekatan Komunikatif Dan Kemampuan
Verbal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8
Kota Tangerang Selatan. Tesis. Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas
Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan
komunikatif dalam belajar dan kemampuan verbal siswa terhadap hasil belajar
bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII di SMP. Penelitian dilaksanakan selama
empat bulan yang dilakukan pada Desember 2010 s.d Maret 2011. Metode yang
diterapkan adalah metode kuasi eksperimen, yaitu metode penelitian yang
dilakukan dengan memberikan perlakuan yang berbeda antara siswa yang berada
pada kelas eksperimen dan siswa yang berada pada kelas kontrol. Variabel bebas,
yaitu pendekatan Belajar (A) dan kemampuan verbal (B). Variabel A dekati
dengan perbedaan dalam dua kategori yaitu siswa yang diberi pembelajaran
dengan pendekatan komunikatif (A1) dan siswa yang diberi pembelajaran dengan
pendekatan konvensional (A2), selanjutnya siswa dengan kemampuan verbal
tinggi (B1) dan siswa yang memiliki kemampuan verbal rendah (B2). variabel
terikatnya adalah hasil belajar bahasa Indonesia.
Hasil penelitian menemukan bahwa (1). Ada perbedaan hasil belajar siswa
dengan pendekatan komunikatif (k1) dan siswa dengan pendekatan konvensional
(k2). (2) Ada perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan verbal
tinggi (b1) dengan siswa yang memiliki kemampuan verbal rendah (b2). Namun
perbedaan tersebut tidak terlalu signifikan dimana rata-rata hasil belajar siswa
yang memiliki kemampuan verbal tinggi (b1) memiliki nilai 78,25 dengan ratarata
hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan verbal rendah (b2) memiliki
nilai 72,375. (3) Ada perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan
verbal tinggi dan diberi pembelajaran melalui pendekatan komunikatif (A1B1)
dengan hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan verbal tinggi dan diberi
pembelajaran melalui pendekatan konvensional (A2B1). (4) Ada perbedaan hasil
belajar siswa yang memiliki kemampuan verbal rendah dan diberi pembelajaran
melalui pendekatan komunikatif (A1B2) dengan hasil belajar siswa yang memiliki
kemampuan verbal rendah dan diberi pembelajaran melalui pendekatan
konvensional (A2B2).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan verbal yang dimiliki
siswa memiliki pengaruh langsung dalam pencapaian hasil belajar siswa.
Meskipun pengaruh yang ditimbulkan tidak terlalu signifikan, keberadaan
kemampuan verbal tetap perlu ditingkatkan karena akan sangat menolong bagi
siswa dalam membangun komunikasi yang baik diantara sesama.
|