Abstrak  Kembali
Rida Hatiarsih. Pengaruh Konsep Diri dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Peserta didik Kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur. Tesis. Jakarta: Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Prof. DR. Hamka, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ada tidaknya pengaruh (1) konsep diri terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan; (2) kecerdasan emosional terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan; (3) pengaruh konsep diri terhadap kecerdasan emosional kelas X Sekolah Menegah Atas Negeri di Kecamatan Pasar Rebo. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri seKecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur, untuk menentukan sampel menggunakan metode cluster sampling. Tehnik area sampling digunakan melalui tiga tahap, pertama menentukan kecamatan pasar rebo sebagai daerah sampel, kemudian menentukan sekolah-sekolah yang menjadi sampel, selanjutnya yang terakhir menentukan peserta didik yang menjadi sampel pada sekolah-sekolah tersebut. Sekolah yang menjadi sampel antara lain SMAN 39, SMAN 98, dan SMAN 106. Total populasi dari ketiga sekolah tersebut sebesar 574, dengan menggunakan tabel Isaac dan Michael diperoleh data sampel sebanyak 221 peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pengolahan data memakai analisis jalur. Dalam penjaringan data menggunakan Tes untuk hasil belajar pendidikan kewarganegaraan, angket digunakan untuk menjaring data konsep diri dan kecerdasan emosional. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data, terlebih dahulu dilakukan ujicoba untuk mengetahui kelayakan dari instrument penelitian, kemudian instrument diolah menggunakan SPSS 13.0 untuk menentukan reliabilitas dan validitas instrumen konsep diri, kecerdasan emosional dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan, sedangkan untuk mengetahui daya beda dan tingkat kesukaran tes hasil belajar pendidikan kewarganegaraan menggunakan program ANATES. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa konsep diri memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan peserta didik dengan tingkat korelasi r13 2 sebesar 0.361 atau 3.6%. Besar pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan signifikan dengan tingkat korelasi r23 2 sebesar 0.0025 atau 0.25%, dan pengaruh konsep diri terhadap kecerdasan emosional signifikan dengan korelasi r12 2 sebesar 0.0441 atau 4.41%. Sedangkan β21 sebesar -0.21, β31 sebesar -0.188 dan β32 sebesar 0.01, peserta didik kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri seKecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur dan sisanya oleh faktor lain. Berdasarkan hasil implikasi bahwa konsep diri memberikan pengaruh akan peningkatan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan peserta didik, kecerdasan emosional tidak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan, dan konsep diri memberikan pengaruh akan meningkat atau menurunnya kecerdasan emosional peserta didik.