Rida Hatiarsih. Pengaruh Konsep Diri dan Kecerdasan Emosional Terhadap
Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Peserta didik Kelas X di Sekolah
Menengah Atas Negeri Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur. Tesis. Jakarta:
Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana
Universitas Prof. DR. Hamka, 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ada tidaknya pengaruh (1)
konsep diri terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan; (2) kecerdasan
emosional terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan; (3) pengaruh
konsep diri terhadap kecerdasan emosional kelas X Sekolah Menegah Atas Negeri
di Kecamatan Pasar Rebo.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X Sekolah
Menengah Atas Negeri seKecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur, untuk
menentukan sampel menggunakan metode cluster sampling. Tehnik area
sampling digunakan melalui tiga tahap, pertama menentukan kecamatan pasar
rebo sebagai daerah sampel, kemudian menentukan sekolah-sekolah yang menjadi
sampel, selanjutnya yang terakhir menentukan peserta didik yang menjadi sampel
pada sekolah-sekolah tersebut. Sekolah yang menjadi sampel antara lain SMAN
39, SMAN 98, dan SMAN 106. Total populasi dari ketiga sekolah tersebut
sebesar 574, dengan menggunakan tabel Isaac dan Michael diperoleh data sampel
sebanyak 221 peserta didik.
Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pengolahan data
memakai analisis jalur. Dalam penjaringan data menggunakan Tes untuk hasil
belajar pendidikan kewarganegaraan, angket digunakan untuk menjaring data
konsep diri dan kecerdasan emosional.
Instrumen yang digunakan untuk menjaring data, terlebih dahulu
dilakukan ujicoba untuk mengetahui kelayakan dari instrument penelitian,
kemudian instrument diolah menggunakan SPSS 13.0 untuk menentukan
reliabilitas dan validitas instrumen konsep diri, kecerdasan emosional dan hasil
belajar pendidikan kewarganegaraan, sedangkan untuk mengetahui daya beda dan
tingkat kesukaran tes hasil belajar pendidikan kewarganegaraan menggunakan
program ANATES.
Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa konsep diri memberikan
pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan
peserta didik dengan tingkat korelasi r13
2 sebesar 0.361 atau 3.6%. Besar pengaruh
kecerdasan emosional terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan signifikan dengan tingkat korelasi r23
2 sebesar 0.0025 atau 0.25%, dan pengaruh
konsep diri terhadap kecerdasan emosional signifikan dengan korelasi r12
2 sebesar
0.0441 atau 4.41%. Sedangkan β21 sebesar -0.21, β31 sebesar -0.188 dan β32
sebesar 0.01, peserta didik kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri seKecamatan
Pasar Rebo Jakarta Timur dan sisanya oleh faktor lain.
Berdasarkan hasil implikasi bahwa konsep diri memberikan pengaruh akan
peningkatan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan peserta didik, kecerdasan
emosional tidak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar pendidikan
kewarganegaraan, dan konsep diri memberikan pengaruh akan meningkat atau
menurunnya kecerdasan emosional peserta didik.
|