Syafrizal,Hubungan Antara Inovasi Pengawas dan Kepemimpinan Entrepreneur
Kepala Sekolah Dengan Disiplin Kerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri
Sanggar 13 Jakarta Timur. Tesis. Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas
Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2014.
Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara inovasi pengawas dan
kepemimpinan entrepreneur kepala sekolah dengan disiplin kerja guru Sekolah
Menengah Atas Negeri Sanggar 13 Jakarta Timur. Penelitian dilakukan dengan metode
penelitian lapangan melalui survey, menggunakan kuisioner dan pendekatannya dengan
korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru Sekolah Menengah Atas Negeri
Sanggar 13 Jakarta Timur yang berjumlah 256 orang, dengan menggunakan rumus Slovin
diapat jumlah sampel 156 orang.
Dalam penelitian terdapat 3 hipotesis, yaitu terdapat hubungan positif antara: 1)
inovasi pengawas dengan disiplin kerja guru 2) kepemimpinan entrepreneur kepala
sekolah dengan disiplin kerja guru dan 3) inovasi pengawas dan kepemimpinan
entrepreneur kepala sekolah secara bersama-sama dengan disiplin kerja guru. Ramalan
hubungan dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasilnya
disimpulkan bahwa: 1) terdapat hubungan positif antara inovasi pengawas (X1) dengan
disiplin kerja guru (Y) memperoleh persamaan regresi . = 62,172+ 0,539X1, koefisien
korelasi ƒÏy1 = 0,632 pada taraf signifikansi ƒ¿ = 0,05. (2) terdapat hubungan positif antara
kepemimpinan entrepreneur kepala sekolah (X2) dengan disiplin kerja (Y) memperoleh
persamaan regresi . = 71,672+ 0,522X2 koefisien korelasi ƒÏy2 = 0,610, pada taraf
signifikansi ƒ¿ = 0,05. (3) terdapat hubungan positif antara inovasi pengawas (X1) dan
kepemimpinan entrepreneur kepala sekolah (X2) secara bersama-sama dengan disiplin
kerja guru, memperoleh persamaan regresi regresi . = 46,853 + 0,363X1 + 0,321X2,
koefisien korelasi ƒÏy.12= 0,705 pada taraf signifikansi ƒ¿ = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan ketiga hipotesis yang diuji terbukti. Implikasi dari
penelitian bahwa disiplin kerja guru sangat dipengaruhi oleh inovasi pengawas dan
kepemimpinan entrepreneur kepala sekolah, guru dalam melaksanakan tugasnya.
|