Teti Sulastri, Tesis ini berjudul “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional
Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Luar
Biasa di wilayah Jakarta Timur. Sekolah Pascasarjana Universitas Prof. Dr. Hamka,
Jakarta, 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan
Transformasional Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Guru
Sekolah Luar Biasa di Jakarta Timur.
Hipotesis penelitian; (1) terdapat pengaruh kepemimpinan transformasional
kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru, (2) terdapat pengaruh iklim organisasi
terhadap kepuasan kerja guru, (3) terdapat pengaruh kepemimpinan transformasional
kepala sekolah terhadap iklim organisasi.
Penelitian ini menggunakan metode survei kasual dengan populasi 7 Sekolah
Luar Biasa yang ada di wilayah Jakarta timur, dipilih dengan multi stage random
sampling dengan jumlah 110 guru. Data dikumpulkan dengan menggunakan anget
untuk mengukur kepemimpinan transformasional kepala sekolah, iklim organisasi dan
kepuasan kerja guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, terdapat pengaruh positif antara
kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru, dengan
garis regresi X3 = -13,07+ 1,27. X1, koefisien korelsi r13 =.0,97 dengan koefisien
determinasi 0,9409, koefisien jalur p31 = 0,77 Hal ini berarti 94,09 % variansi yang
terjadi pada kepuasan kerja guru dapat dijelaskan malalui kepemimpinan
transformasional terhadap kepuasan kerja guru. Kedua terdapat pengaruh positif antara
kepemimpinan transformasional terhadap iklim organosasi, dengan persamaan garis
regresi X3 = -37.93 + 1.51 X2 Koefisien korelasi r23 = 0,98 dengan koefisien determinasi
= 0,9604, koefisien jalur p32 = 0,79. Hal ini berarti 96,04 % variansi yang terjadi pada
kepuasan kerja guru dapat dijelaskan melalui iklim organisasi sekolah. Ketiga terdapat
pengaruh positif antara kepemimpinan transformasional terhadap iklim organosasi, dengan persamaan regresi X2 = 17.07 + 0.83 X1 , koefisien korelasi r21 = 0,25
dengan koefisien determinasi 0,0625, koefisien jalur p21 = 0.25. Hal ini berarti. 6,25 %
variansi yang terjadi pada ikilm organisasi dapat dijelaskan melalui kepemimpinan
transformasional kepala sekolah.
Berdasarkan temuan penelitian di atas, kepuasan kerja guru dapat tercapai secara
optimal dengan cara meningkatkan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan
iklim organisasi. Hal ini bahwa kedudukan variabel tersebut menjadi 2 (dua) faktor
penentu yang bermakna.
|