Dwi Saksini Prihantini, Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Iklim
Organisasi terhadap Efektivitas Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan
Pesanggrahan Jakarta Selatan. Tesis, Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas
Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jakarta, 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Supervisi Kepala
Sekolah dan Iklim Organisasi terhadap Efektivitas Kerja Guru Sekolah Dasar
Negeri di Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan.
Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kausal
dengan populasi terdiri dari 237 guru Di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan
Pesanggrahan Jakarta Selatan, dengan sampel di 149 guru di 15 Sekolah Dasar
Negeri Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, terdapat pengaruh
langsung positif Supervisi Kepala Sekolah terhadap Efektivitas Kerja Guru dapat
diterima, hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil Uji-t dengan taraf signifikansi
5% terlihat bahwa nilai thitung > nilai ttabel atau 3,32 > 1,645, koefisien korelasi
( r13 ) = 0,526 dan hasil perhitungan Analisa Jalur diperoleh nilai p31 = 0,283 atau
0,283 > 0,05. Kedua, terdapat pengaruh langsung positif Iklim Organisasi
terhadap Efektivitas Kerja Guru dapat diterima, hal ini dapat diketahui dari hasil
Uji-t bahwa dengan taraf signifkan 5% diperoleh nilai thitung > nilai ttabel atau
5,978 > 1,645, koefisien korelasi ( r23 ) = 0,642 dan hasil perhitungan analisa
jalur diperoleh nilai p32 = 0,506. Ketiga, terdapat pengaruh positif Supervisi
Kepala Sekolah terhadap Iklim Organisasi dapat diterima, hal ini dapat diketahui
dengan Uji-t bahwa dengan taraf signifkan 5% diperoleh nilai thitung > nilai ttabel
atau 6,64 > 1,645, koefisien korelasi ( r12 ) = 0,48 dan hasil perhitungan analisa
jalur diperoleh nilai p21 = 0,480 atau 0,480 > 0,05.
Berdasarkan temuan penelitian di atas, Efektivitas Kerja Guru dapat
dicapai secara optimal dengan cara meningkatkan Supervisi Kepala Sekolah dan
Iklim Organisasi. Hal ini bahwa kedua variabel tersebut menjadi 2 (dua) faktor
penentu yang bermakna.
|