Farida Handayani. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kecerdasan
Emosional Guru terhadap Disiplin Kerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri
Jakarta Pusat. Tesis. Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana
Universitas Muhammadiyah Prof. DR.HAMKA, Jakarta.Pebruari 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah, menganalisis, dan mengungkapkan tentang :
(1) Pengaruh langsung positif gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja
guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Jakarta Pusat; (2) Pengaruh langsung positif
kecerdasan emosional guru terhadap disiplin kerja guru di Sekolah Menengah Kejuruan
Negeri Jakarta Pusat; dan(3) Pengaruh langsung positif gaya kepemimpinan kepala
sekolah terhadap kecerdasan emosional guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Jakarta
Pusat.
Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan
metode penelitian survei kausal dan analisis jalur (path analysis). Populasi penelitian ini
adalah semua guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Jakarta Pusat sebanyak 150 orang
dari 5 sekolah. Sampel penelitian ini sebanyak 109 orang yang diambil secara random area
dengan menggunakan rumus Slovin pada taraf signifikan 0.05% dan teknik proporsional
random sampling. Teknik pengumpulan data variabel disiplin kerja guru, gaya kepemimpinan
kepala sekolah dan kecerdasan emosional guru melalui angket skala lima kategori Likert.
Teknik analisis data yang digunakan adalah Korelasi pearson product moment, determinasi,
regresi sederhana dan uji analisis jalur. Selanjutnya data yang telah terkumpul diolah
kemudian ditafsirkan, dianalisis dan dideskripsikan sesuai dengan masalah dan tujuan
penelitian.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat
pengaruh langsung positif gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru di
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Jakarta Pusat. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan
F hitung:28.32 > F tabel : 3.94 pada taraf signifikan 5%. Sumbangan efektif gaya kepemimpinan
kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru sebesar 21.53%; 2) terdapat pengaruh langsung
positif kecerdasan emosional guru terhadap disiplin kerja guru di Sekolah Menengah
Kejuruan Negeri Jakarta Pusat. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan F hitung : 22.04 > F tabel
3.94 pada taraf signifikan 5%. Sumbangan efektif kecerdasan emosional guru terhadap
disiplin kerja guru sebesar 17.39%; dan 3). terdapat pengaruh langsung positif gaya
kepemimpinan kepala sekolah terhadap kecerdasan emosional guru di Sekolah Menengah
Kejuruan Negeri Jakarta Pusat. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan F hitung : 283.48 > F
tabel : 3.94 pada taraf signifikan 5%. Sumbangan efektif gaya kepemimpinan kepala sekolah
terhadap kecerdasan emosional guru sebesar 76.56%.
|